Hindari Diabetes, Asupan Gula Berlebihan Harus Diimbangi dengan Olahraga Teratur

0
(0)

Jakarta–Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes. Setiap hari, asupan gula sebaiknya tidak lebih dari 50 gram atau empat sendok makan per hari. Itu pun harus diimbangi dengan olahraga teratur agar terhindar dari penyakit diabetes.

Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi dalam “NutriClass” via daring, Selasa (16/6), menyarankan olahraga lari selama 30 menit, ditambah berjalan 180 menit dan berenang selama 52 menit jika kita sudah mengkonsumsi gula sebanyak 3 sendok makan.

Pdahal, sejumlah makanan dan minuman bisa mengandung dua hingga tiga sendok makan gula per buahnya. Donut cokelat misalnya, atau minuman soda, empat buah permen susu, cake, bahkan minuman boba ukuran reguler mengandung empat sendok makan gula.

Aldis mengatakan, semua jenis gula baik itu gula merah, gula baru atau gula putih mengandung kalori yang hampir serupa, sehingga tetap berbahaya bila dikonsumsi berlebihan salah satunya meningkatkan gula darah dengan cepat.

Gula pasir per satu sendok teh mengandung 16 kkal kalori, tak jauh berbeda dari gula cokelat yakni 15 kkal kalori. Sementara gula batu memiliki 23 kkal kalori setiap satu sendok tehnya. Jenis gula lainnya, gula halus, icing sugar dan gula jawa sama-sama mengandung 10 kkal kalori per satu sendok teh.

Untuk Anda yang begitu menyukai hidangan manis, tidak ada kata terlambat untuk mengatur asupan gula Anda. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan antara lain: mengganti minuman manis dengan minuman rendah gula seperti teh tawar, menukar camilan kue ke buah atau menyiapkan botol berisi air minum.

Aldis mengingatkan pentingnya menerapkan pedoman gizi seimbang yakni 2/3 piring makanan pokok, 1/6 piring lauk pauk, 1/6 buah dan 2/3 piring sayuran.

Lalu, jangan lupa minum air putih, dan berolahraga kardio dengan pilihan: intensitas sedang selama 30 menit dalam lima kali seminggu, atau 25 menit kardio intensitas tinggi tiga kali seminggu ditambah dua kali seminggu latihan beban dengan intensitas sedang-tinggi.

“Latihan beban agar massa otot terjaga bukan berarti jadi body builder,” kata Aldis. (SD/ ant)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Anggaran Penanganan Covid-19 Indonesia Hampir Rp700 Triliun

Wed Jun 17 , 2020
0 (0) Jakarta – Pemerintah kembali menambah anggaran penanganan Covid-19 bertambah dari sebelumnya Rp677,2 triliun menjadi Rp695,2 triliun. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, tambahan anggaran tersebut telah disampaikan dalam sidang kabinet. “Ada tambahan dalam anggaran untuk kesehatan dari Rp75 triliun menjadi Rp87,55 triliun,” ujar Menteri Sri Mulyani dalam konferensi pers […]