Friday, May 7

PSBB Jakarta, Lalu Lintas Ramai Di Hari ke-5

Jakarta – Memasuki hari ke-5, Selasa (14/4) Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), situasi lalu-lintas di Jakarta mulai ramai. Di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, petugas kepolisian bersama Satpol PP melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang melintas.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mulai menerapkan Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai PSBB sejak 10 April 2020. Penerapan pergub tersebut, pada prinsipnya meminta warga Jakarta selama 2 minggu (10-23 April 2020) untuk berada di rumah, dan meniadakan kegiatan di luar dengan tujuan memangkas mata rantai virus corona (Covid-19).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Metro Jakarta Pusat,Komisaris Polisi Lilik Sumardi, mengatakan, bahwa situasi lalu-lintas di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat mulai ramai sejak Senin (13/4). “Kami tidak bisa memastikan, ada fenomena apa, padahal institusi swasta dan negeri juga tutup,” jelas Kompol Lilik kepada Indonesiainside.id, Selasa (1/4).

Lilik melanjutkan, check point yang berada di Tugu Tani telah memulai kegiatannya dari jam 7 pagi. Hari ini, Selasa (14/4) sejak jam 7 hingga 10 pagi, tercatat ada 37 pengendara motor tanpa masker, dan terdapat 23 penumpang kendaraan roda empat yang duduk berdampingan di depan kemudi. “Kami meminta penumpang roda empat untuk pindah ke bangku belakang kemudi,” jelas Lilik.

Petugas kepolisian hanya akan memberikan tindakan persuasif bagi pelanggar pergub PSBB tersebut. “Tindakan lebih lanjut, setelah 14 hari penerapan PSBB, kami menunggu instruksi lebih lanjut,” imbuh Lilik.

Sejauh ini terdapat sudah terdapat 9 titik check point di Jakarta Pusat. Lilik juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja. “Kalau tidak ada keperluan penting, di rumah saja. Bagi yang memiliki keperluan mendesak untuk kebutuhan hidup, silahkan untuk keluar tapi tetap dengan mengikuti aturan terkait aktifitas di luar rumah,” tutup Lilik Sumardi. (ii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *