by

Hapuskan Pungli, Karena Jakarta Jendela Indonesia

Jakarta: DKI Jaakarta bersama jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompinda) melakukan pencanangan dan penandatanganan komitmen Jakarta Kota Bebas dari Pungli Tahun 2021.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

Menko Polhukam, Mahfud MD, menganalogikan Jakarta seperti Jendela Indonesia, sehingga ketika warga dunia ingin mengetahui Indonesia, lihatlah kondisi Jakarta.

“Jakarta itu adalah jendela negara. Siapa yang ingin tahu Indonesia, lihatlah Jakarta,” papar Mahfud di Balai Kota, Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (16/11/2021).

Dalam konteks pandangan Mahfud, terkait pengelolaan sektor pelayanan publik, Jakarta memang harus terbebas dari praktik pungutan liar (pungli).

Sehingga ketika pelayanan yang diberikan Jakarta baik, secara beriringan akan membawa citra yang sama terhadap Indonesia di mata warga dunia.

Sebaliknya, ketika pelayanan yang diberikan buruk, seperti itulah citra yang melekat pada Indonesia di kancah internasional.

“Jakarta bagus, Indonesia kesannya bagus juga. Jakarta jelek, kesan tentang indonesia juga akan jelek,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia berharap dengan adanya komitmen bersama ini, pelayanan semakin baik dan praktik pungli tidak pernah terjadi lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *