Monday, May 10

Hanya Enam Provinsi yang Tidak Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Jakarta – Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya enam provinsi yang diperkirakan tidak diguyur hujan lebat disertai angin kencang selama periode satu pekan ke depan. Sementara 28 provinsi berpotensi dihantam hujan ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia sepekan ke depan.

ADVERTISEMENT
“BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah,” kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto M.Si melalui siaran pers BMKG, Jakarta, Sabtu (20/2).

Dia menyebutkan, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami curah hujan dengan intensitas lebat, adalah, antara lain:

Baca Juga:
Enam Ruas Jalan Masih Tergenang Banjir
Jalan Tendean Sudah Bisa Dilalui Sejak Pagi
BMKG Peringatkan Potensi Peningkatan Suhu di Sumatera Utara
Aceh
Sumatera Utara
Sumatera Barat
Jambi
Bengkulu
Sumatera Selatan
Lampung
Banten
Jawa Barat
Jawa Tengah
DI Yogyakarta
Jawa Timur
Bali
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Tengah
Kalimantan Selatan
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Barat
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tenggara
Maluku Utara
Maluku
Papua Barat
Papua
Dengan adanya potensi curah hujan lebat tersebut, maka BMKG mengimbau kepada masyarakat di wilayah yang berpotensi terdampak untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalanan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 196, atau dapat diakses di https://signature.bmkg.go.id, atau dengan mengikuti media sosial @infoBMKG, memasang aplikasi iOS dan android “Info BMKG” atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Aza/Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *