Friday, May 7

Hampir Setengah Ton Sabu , Bakamla dan BNN Gagalkan Penyelundupan

Jakarta- Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan penyelundupan 21 paket narkotika jenis sabu sebesar 436,30 kilogram di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Jaringan narkoba ini dikendalikan oleh AL, narapidana di Lapas Kelas IIB Kecamatan Slawi, Tegal.

Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan sebelum operasi pada 31 Januari lalu itu, terlebih dahulu dilakukan pengintaian selama tiga bulan. Dia menambahkan setelah pengembangan kasus, empat orang ditetapkan sebagai tersangka yaitu inisial M, S, MG, dan AL.

“Jaringan narkoba ini dikendalikan oleh AL yang merupakan warga binaan Lapas Kelas IIB Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah,” jelas Aan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (17/2). “Ini merupakan kolaborasi yang luar biasa antara Bakamla dan BNN. Saya harap kerja sama ini tidak berhenti di sini saja tapi bisa berlanjut di operasi-operasi lain,” tambah dia.

Narkoba tersebut menurut BNN kata dia bernilai Rp1-2 triliun. Kerja sama Bakamla dan BNN telah terjalin sejak 2016 hingga saat ini.

Setiap tahun sekali dilaksanakan latihan bersama Bakamla dan BNN di wilayah Batam dan Manado. Kedua lembaga menandatangani MoU Pencegahan dan Pemberantasan Narkotika di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia pada 2019.

Saat ini kedua lembaga terus melaksanakan kerja sama dalam bentuk pertukaran informasi. (NE/AA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *