Friday, June 18

Hambat Mudik, Polisi Perketat Jalur ‘Tikus’

Jakarta: Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan tidak ada jalur tikus untuk para pemudik. Sebab personel gabungan sudah menjaga semua jalan-jalan perlintasan utama dan alternatif.

“Kami petakan semua jalur yang dimungkinkan bisa dilewati pemudik,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo, di Kota Banjarmasin, Jumat (7/5/2021).

Kombes Pol Maesa mengingatkan, masyarakat yang masih nekat mudik sebaiknya mengurungkan niatnya. Karena upaya mereka akan berakhir sia-sia dan dipaksa memutar balik kendaraan.

“Pokoknya jika terbukti perjalanan mudik, sanksinya putar balik dan secara acak kami lakukan tes cepat antigen. Apabila reaktif maka wajib dikarantina dengan biaya sendiri,” ujarnya.

Dia mengatakan, sudah ada beberapa kendaraan, baik roda dua maupun roda empat terjaring sebagai pemudik sehingga diminta putar balik.

Begitu juga yang tidak mengantongi surat keterangan bebas Covid-19, ada beberapa ditemukan dan dilakukan tes cepat antigen. Namun hasilnya semua nonreaktif alias tidak terindikasi terpapar virus corona.

Terkait larangan mudik lokal atau wilayah yang termasuk aglomerasi, yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kota Martapura, dipastikan Maesa juga dilakukan pemeriksaan secara ketat.

“Ingat semua kebijakan yang diterapkan pemerintah ini semata-mata untuk menjaga keselamatan masyarakat dari potensi penularan Covid-19. Mari kita sama-sama memberikan edukasi kepada sanak keluarga,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *