Hadapi Sidang PHPU MK, KPU Siapkan Saksi

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU menyiapkan sejumlah saksi dan bukti untuk menghadapi sidang PHPU Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). “Jadi pada hari ini (mengikuti sidang PHPU perdana di MK) kami mendengarkan, mencermati, membaca,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari ditemui di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2024).

“Kemudian, memberikan catatan-catatan pada pokok-pokok permohonan para pemohon,” ujarnya. Hasyim memastikan, instansinya akan menyusun seluruh jawaban-jawaban terkait sengketa Pemilu 2024.

Dia berharap, para saksi dan bukti yang dimilili KPU, dapat membuat publik paham bahwa Pemilu 2024 berjalan adil. “Nanti kami jadikan dasar untuk menyusun jawaban keterangan penjelasan dan juga pembuktian berupa dokumen-dokumen maupun saksi atau ahli jika diperlukan nanti dalam persidangan,” katanya, menekankan.

Tidak hanya itu, dia mengatakan, bersama jajarannya telah melakukan rapat koordinasi demi mengantisipasi hal yang berkaitan dengan sengketa hasil pemilu. Baik pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilihan legislatif (pileg).

Diketahui, terdapat dua pengajuan permohonan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan kepada MK. Perkara pertama diajukan tim hukum Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Kamis (21/3/2024).

Perkara kedua, dilakukan tim hukum Capres-Cawapres 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Laporan itu dilayangkan Ganjar-Mahfud pada Sabtu (23/3/2024).

Kemudian, tim hukum Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendaftar ke MK sebagai pihak terkait pada dua perkara tersebut. Sementara, KPU dan Bawaslu RI menjadi pihak termohon dalam sengketa pemilu di MK.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *