Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter

5
(1)

ilustrasi

Medan – Gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meluncurkan awan panas sejauh 1.500 meter sekitar pukul 12.51 WIB, Ahad (25/10).

“Erupsi Gunung Sinabung ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 246 detik,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin dihubungi dari Medan, Ahad (25/10).

Awan panas berasal dari erupsi gunung itu meluncur ke arah timur-tenggara dengan arah angin timur-tenggara. Ia mengimbau masyarakat dan wisatawan menjauhi “zona merah” erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo itu.

“‘Zona merah’ tidak boleh dilanggar, demi keselamatan warga masyarakat sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diingini,” ujarnya.

Natanail menyebutkan saat ini aktivitas vulkanik Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung itu.

“Selanjutnya radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometer untuk sektor timur-utara,” katanya.

Gunung Sinabung pada Sabtu (8/8), pukul 01.58 WIB, erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak (lebih kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang satu jam 44 detik. (Aza/Ant)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bom Bunuh Diri di Pusat Pendidikan Afghanistan, 24 Orang Tewas

Mon Oct 26 , 2020
5 (1) Kabul – Sebuah bom bunuh diri di sebuah pusat pendidikan di ibu kota Afghanistan, Kabul, menewaskan 24 orang termasuk pelajar remaja dan melukai puluhan lainnya pada Sabtu (24/10). Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Tariq Arian, mengatakan penjaga keamanan telah mengidentifikasi seorang pembom yang meledakkan bahan peledak di […]