Gunung Marapi Erupsi, Hujan Abu di Agam

Padang – Gunung Marapi, di Agam, Sumatra Barat (Sumbar) mengalami erupsi, Minggu (3/12/2023). Erupsi yang tercatat pukul 14.53 WIB tersebut mengakibatkan terjadinya hujan abu berupa material kerikil.

“Saya kira hujan di atap rumah. Tapi saya lihat keluar rumah ternyata seperti kerikil hitam. Bau belerang sangat kuat,” ujar Novelhya Wirda, warga Bukik Batabuah, Ampek Angkek, Candung, Kabupaten Agam kepada RRI Padang, Minggu (3/12/2023).

Novel menambahkan, sebelum hujan abu ada gempa yang dirasakan selama dua kali, lalu disusul bunyi gemuruh. Setelah itu barulah hujan abu turun.

Menurutnya, saat ini warga memilih bertahan di rumah. Sebab, warga merasa cemas jika ke luar justru bisa berbahaya bagi keselamatan diri.

BACA JUGA: Gunung Marapi Sumatra Barat Erupsi

Petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi membenarkan telah terjadi erupsi Gunung Marapi. Warga diminta waspada.

“Ketinggian kolom abu tidak teramati karena tertutup awan. Untuk radius erupsi masih di 3 kilometer, status masih waspada,” ucapnya pada RRI Padang, Minggu (3/12/2023).

Masyarakat diharapkan tidak mendekati wilayah rawan terdampak erupsi. Jika keluar rumah masyarakat diminta menggunakan topi, kaca mata, jaket, serta masker karena ada hujan abu yang terbawa angin.

“Perkiraan abu erupsi ini mengarah ke wilayah Lasi, Candung, Kabupaten Agam. Kalau beraktivitas ke luar rumah harap hati-hati,” ucapnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *