by

Gunung Marapi Erupsi, 40 Pendaki Sudah Diminta Turun

Padang: Sebanyak 40 pendaki yang tengah melakukan pendakian sebelum erupsi Gunung Marapi sudah diminta untuk turun. Penjelasan tersebut disampaikan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) kepada RRI Padang, Sabtu (7/1/2023).

Gunung ini berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat. Sekitar pukul 06.11 WIB, Gunung Marapi mengalami aktivitas melontarkan material vulkanik lebih kurang 300 meter dari atas puncak.

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono mengatakan informasi tersebut diperoleh dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Ardi mengatakan ada 40 orang pendaki yang melakukan pendakian sebelum Gunung Marapi erupsi.

Menurutnya, pada hari Kamis naik 20 pendaki dan Jumat naik 20 pendaki. Saat ini tim di lapangan sudah berkoordinasi dengan para pendaki.

Mereka meminta para pendaki turun dari Gunung Marapi demi keselamatannya. Ia juga mengatakan telah menutup sementara jalur pendakian Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi, Sabtu ini.

“Kita tutup sementara, hingga batas yang belum ditentukan. Tunggu informasi selanjutnya dari PVMBG sekaitan dengan kondisi Gunung Marapi,” ujarnya kepada RRI Padang.

Saat ini status Gunung Marapi berada pada Level II atau masuk kategori waspada. BKSDA Sumbar mengimbau masyarakat di sekitar gunung atau pengunjung tidak mendaki pada radius tiga kilometer dari kawah puncak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *