by

Gunung Dieng Masih Berstatus Waspada

Jakarta: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi KESDM RI menetapkan status Gunung Dieng menjadi Waspada. Status baru tingkat aktivitas gunung berapi ini berlaku sejak pukul 23.00 WIB, 13 Januari 2023.

“Berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh maka tingkat aktivitas Gunung Dieng dinaikan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada). Terhitung sejak 13 Januari 2023 pukul 23:00 WIB dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini,” tulis PVMBG di laman resminya, Minggu (15/1/2023).

Berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental, peningkatan aktivitas vulkanik ditandai dengan meningkatnya kejadian gempa vulkanik dalam. Selain itu terjadi gempa tektonik lokal sejak 9 Januari 2023.

PVMBG mengatakan ini mengindikasikan terjadinya rekahan di bawah permukaan sebagai akibat aktivitas vulkanik di Gunung Api Dieng. Hasil pengukuran gas CO2 di Kawah Timbang kurun 1-13 Januari 2023 cenderung meningkat, dengan rata-rata 0,09-0,11 persen.

Hasil pengukuran suhu air Kawah Sileri pada periode yang sama, berada di angka 68,5-68,6 derajat Celcius. Suhu tanah di Kawah Sileri menunjukkan antara 21,6-21,7 derajat Celcius, menunjukkan relatif stabil.

“Potensi bahaya yang bisa ditimbulkan akibat meningkatnya aktivitas vulkanik di Dieng saat ini adalah meningkatnya konsentrasi gas vulkanik terutama CO2 di Kawah Timbang, yang dapat diikuti oleh terjadinya aliran gas CO2 dan erupsi freatik di Kawah Sileri berupa semburan lumpur atau lontaran material. Erupsi freatik atau semburan lumpur bisa terjadi tanpa didahului oleh adanya peningkatan aktivitas baik visual maupun kegempaan,” kata PVMBG.

Saat ini, PVMBG terus memantau aktivitas Gunung Dieng. Status Waspada dapat berubah seiring dengan perubahan aktivitas gunung api tersebut.

“Tingkat aktivitas G Dieng dapat dievaluasi kembali jika terdapat perubahan aktivitas secara visual dan instrumental yang signifikan,” tulis PVMBG.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *