Gunung Anak Krakatau Meletus

Jakarta – Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi (meletus) pada Kamis (14/12/2023) pukul 12:12 WIB. Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Anak Krakatau Ade Yasser Akhmad Purwata menyampaikan, tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak.

Ia menjelaskan, tinggi tersebut setara kurang lebih 957 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur laut.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 70 mm. Durasi kurang lebih 25 detik,” kata Ade dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, tambahnya, terdengar suara dentuman dari puncak. Pos Pengamatan Gunung Api Anak Krakatau pun menetapkan Status Level III (Siaga).

Ade meminta masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau. Hal itu demi keamanan mereka, agar tidak terdampak erupsi gunung tersebut.

“Kita minta tidak beraktivitas. Terutama dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif,” ujar Ade.

Gunung Anak Krakatau terletak di perairan Selat Sunda. Wilayah tersebut masuk teritorial Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *