Gerakan Nurani Bangsa Dorong Pemilu Bersih

Jakarta – Gerakan Nurani Bangsa (GNB) mengimbau masyarakat untuk terus menyuarakan demokrasi menjelang hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Gerakan ini terdiri dari para tokoh agama dan bangsa yang mengedepankan etis dan moral demokrasi di Indonesia.

Gerakan Nurani Bangsa menyakini perlunya upaya khusus untuk merawat bangsa dan negara Indonesia. Utamanya di masa transisi kepemimpinan Indonesia dalam Pemilu 2024.

“GNB mengajak segenap lapisan masyarakat untuk berdoa. Semoga Pemilu 2024 berjalan lancar, aman, damai, jujur, dan adil, serta bermartabat,” ujar Seniman Slamet Rahardjo dalam keterangannya pada Konferensi Pers Gerakan Nurani Bangsa di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

GNB melihat keterlibatan masyarakat menjadi elemen sangat penting untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan baik. Mereka berharap seluruh peserta, penyelenggara, pengawas, dan institusi negara terkait Pemilu tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan.

Serta diharapkan mengedepankan etika dan nurani dalam menjalani proses demokratisasi ini. “Hasil Pemilu tak hanya ditentukan berdasarkan legalitas semata, juga menuntut legitimasi kuat yang bersumber dari kepercayaan publik,” ucap Slamet Rahardjo.

Sebelum konferensi pers, GNB mendatangi sejumlah tokoh politik, bangsa dan agama. Termasuk Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla.

Menurut Jusuf Kalla, pertemuan salah satunya mendiskusikan visi penyelamatan Pemilu dari kecurangan. Pertemuan itu digelar di kediaman JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024) lalu.

Adapun para tokoh yang tergabung dalam Gerakan Nurani Bangsa adalah:

1. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid

2. Muhammad Quraish Shihab

3. Ahmad Mustofa Bisri

4. Kardinal Ignatius Suharyo

5. Gomar Gultom

6. Bhikkhu Sri Pannyavaro Mahathera

7. AA Yewangoe

8. Omi Komaria Nurcholish Madjid

9. Karlina Supelli

10. Makarim Wibisono

11. Sayyid Muhammad Hilal Al Aidid

12. Slamet Rahardjo

13. Komaruddin Hidayat

14. Amin Abdullah

15. Erry Riyana Hardjapamekas

16. Frans Magnis Suseno

17. Ery Seda

18. Jacky Manuputty

19. Laode M. Syarief

20. Setyo Wibowo

21. Lukman Hakim Saifuddin

22. Alissa Wahid

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *