by

Gempa Kabupaten Bogor, Belum Ada Laporan Kerusakan

Jakarta: Gempa bumi berkekuatan 5.0 Magnitudo terjadi sekira pukul 03.32.19 WIB berpusat di wilayah Cigudeg, Kabupaten Bogor. Belum dilaporkan adanya dampak kerusakan dalam gempa tersebut.

“Masih aman. Tadi pagi kita udah cek ke desa-desa, ke sekdes, kades,” kata Camat Cigudeg Pardi kepada wartawan, Minggu (15/1/2023).

Lebih jauh, ia mengungkapkan, gempa bumi yang terjadi pada dini hari tadi, banyak warga tidak merasakan guncangan. Mengingat, rata-rata masih warga dalam kondisi tertidur.

“Bahkan banyak, bukan banyak lagi, hampir semua ditanya nggak tahu, nggak kerasa. Jadi karena posisi jam 03.00 lagi pada tidur ya,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas menyatakan, bahwa sejauh ini belum ada laporan dampak dari gempa tersebut. Namun pihaknya masih tetap memantau keadaan di lapangan.

“Sejauh ini belum ada laporan masuk dari masyarakat maupun aparatur wilayah. Semoga tidak ada dampak, sejauh ini tidak ada dampak,” ucapnya.

Pukul 03.32.19 WIB wilayah Cigudeg, Bogor diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,52° LS ; 106,58° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 146 km. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *