by

Gelontorkan Rp126 Miliar Untuk Sekolah Konsep Net Zero Carbon

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan empat Sekolah Net Zero Carbon dan green building secara simbolis di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, pada Rabu 28 September 2022.

Keempat sekolah tersebut yakni, SDN Duren Sawit 14, Jakarta Timur; SDN Grogol Selatan 09, Jakarta Selatan; SDN Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, 11 Petang, Jakarta Selatan; dan SMAN 96 Jakarta, Jakarta Barat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelontorkan anggaran sebesar Rp126 miliar untuk revitalisasi keempat gedung sekolah rendah emisi tersebut.

“Kalau yang sekarang ini Rp126 miliar untuk 4 sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana di SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 28 September 2022.

Nahdiana menuturkan, anggaran tersebut termasuk lebih murah dari biasanya, yakni sekitar Rp20-30 Miliar untuk satu sekolahnya.

“Satu sekolah itu rata-rata Rp20 sampai 30 miliar, tergantung luas bangunannya dan ini lebih murah dari biasanya,” ujarnya.

Sementara itu, Anies menjelaskan revitalisasi sekolah-sekolah ini ditujukan untuk mewujudkan sekolah yang setara dengan sekolah tingkat global.

“Jakarta itu harus setara dengan kota-kota global di dunia lainnya dan itu artinya sekolah-sekolah kita harus bisa mendidik anak-anak untuk bisa berkompetisi dengan hasil-hasil pendidikan sekolah kota-kota global lainnya,” urainya.

Ke depan, kata Anies, rehabilitasi bangunan sekolah negeri di Jakarta secara keseluruhan mengarah ke konsep green building. Mulai dari transisi energi dengan solar panel, penggunaan lampu hemat energi, hingga pengelolaan air limbah.

“Kita berharap, pembangunan Sekolah Net Zero Carbon ini juga dapat mendorong Jakarta mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon pada tahun 2050. Kita sedang berupaya menjadikan kota ini sebagai kota yang berkelanjutan di masa depan,” jelasnya.