by

Gelar Bawang dan Cabai Murah

Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura mengadakan kegiatan gelar bawang dan cabai murah di Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta, serta mitra Kementan.

“Hari ini dimulainya, berlangsung sampai 25 Juni, ada juga di Bogor dan jaringan toko tani di Indonesia, kami pun menjaga pasokan dengan cermat,” ujar Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian Inti Pertiwi Nashwari, saat berbincang dengan Pro 3 RRI, Minggu (19/6/2022).

Adapun, harga bawang merah pada kegiatan ini berada di kisaran Rp32.000 hingga Rp40.000 per kilogram (kg). Menurutnya, jika di pasar biasa harganya bisa mencapai Rp80.000 per kg.

“Untuk cabai rawit merah Rp70.000, cabai merah keriting Rp60.000,” imbuhnya.

Pertiwi menyebut, kegiatan ini menyasar masyarakat yang datang. Selain itu, khusus 1000 pembeli pertama nantinya juga akan diberikan bibit cabai.

“Bibitnya sudah disemai dalam bentuk polybag, karena kan cabai ini mudah menanamnya cukup matahari dan air saja, sehingga kebutuhan rumah tangga minmimal bisa dipenuhi sendiri,” katanya.

Ia menyebut, yang menjadi masalah saat menanam cabai ini adalah faktor cuaca.

“Yang menjadi masalah anomali cuaca hujan terus, harusnya kan kemarau tapi ternyata hujan terus,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.