by

Garuda Terus Berbenah Bersama Shin Tae Yong

Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 di babak Semifinal leg kedua AFF Suzuki Cup 2020.

Kemenangan tersebut begitu berarti untuk Pasukan Garuda dan rakyat Indonesia, harapan masyarakat akan gelar juara AFF Cup semakin tinggi.

Berkat Kemenangan tersebut, Timnas Indonesia memperoleh catatan baru dalam sejarah sepakbola Indonesia, karena pada tahun ini Indonesia berada di final untuk keenam kalinya sejak tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016.

Di lima final sebelumnya, Indonesia tiga kali kalah dari Thailand (2000, 2002, 2016) dan sekali kalah dari Singapura (2004) serta Malaysia (2010).

Meski lolos ke final, banyak hal yang perlu dibenahi Shin Tae-yong.

Mulai dari ketenangan bermain, transisi permainan, kemampuan pressing, akurasi crossing, sampai pemahaman strategi dan stamina.

Mantan Pemain Persija Jakarta, Isman Jazulmi, menyebutkan, euforia Indonesia saat ini hampir mirip seperti di tahun 2010.

“Kita harus apresiasi kinerja Timnas karena di tahun ini euforia Timnas hampir mirip seperti di tahun 2010, ekspektasi, antusias masyarakat sangat luar biasa dan diharapkan ekspektasi ini dapat terwujud,” ujarnya dalam perbincangan Dinamika Olahraga PRO3 RRI, Senin (27/12/2021).

Dirinya juga optimis Pelatih Shin Tae-yong mampu membangun proyek masa depan Timnas Indonesia dengan berisikan pemain-pemain muda dalam menerapkan strategi speed dan power.

“Insyallah pasukan STY yang dibangun untuk proyek masa depan dengan berisikan pemain muda STY dengan gaya ala koreanya yaitu speed dan power itu mampu diperlihatkan oleh pemain-pemain Indonesia saat ini,” ungkapnya.

“Cuma harus menjadi beberapa catatan yang perlu dilakukan bagaimana kita bisa menjurai tahun ini melawan Thailand. Secara teknikal saya kira masih di atas sedikit, karena mereka memang timnya sudah dipersiapkan dengan jangka lama, materi pemain mereka juga sudah lebih berpengalaman dibanding materi pemain yang dimiliki STY,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *