by

Foto Terhapus di Android, Ini Cara Mudah Mengembalikan

Jakarta: Meski semakin hari telepon genggam semakin canggih, kejadian salah pencet masih banyak terjadi. Misalnya tidak sengaja menghapus foto atau video yang sebenarnya masih ingin disimpan. Bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di android? Di sini penjelasannya.

Hindari Program Berbasis Root

Hingga beberapa tahun lalu, satu-satunya jalan mendapatkan kembali data yang hilang adalah dengan melakukan root. Sebab, dahulu penggunaan penyimpanan cloud (Cloud Storage) belum populer. Padahal, menggunakan root untuk recovery file memiliki banyak resiko bagi gawai Anda.

Root adalah modifikasi sistem pada android agar Anda dapat mengakses fitur-fitur yang hanya tersedia untuk administrator. Software-software recovery data yang agak lawas masih membutuhkan root untuk mengembalikan data. Resiko melakukan root pada telepon genggam Anda di antaranya:

– Anda tidak bisa mengklaim garansi maupun servis hp gratis

– Jika salah, handphone bisa mati total

– Bisa ada data yang rusak selama proses root

Oleh karena itu sekarang sudah banyak program-program recovery yang mampu mengembalikan data tanpa harus root perangkat terlebih dulu. Anda pun bisa melakukannya tanpa instal aplikasi jika memakai Cloud Storage. Apa saja caranya? Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

Mengembalikan Foto Tanpa Aplikasi

Bagi Anda yang tidak suka ribet, cara-cara berikut ini sangat cocok untuk Anda. Cara mengembalikan foto yang terhapus di android tanpa aplikasi ini memanfaatkan fitur bawaan dan Cloud yang terdapat pada telepon genggam Anda.

1. Fitur Recently Deleted di Galeri

Jika ditanya, sebagian orang pasti lebih paham bagaimana restore data yang Anda delete di komputer daripada ponsel. Sebab, di komputer terdapat fitur Recycle Bin dan mayoritas orang-orang telah familiar dengan kegunaannya.

Dengan semakin canggihnya sistem operasional Android, sebagian besar gawai kini sudah memiliki fitur Recently Deleted di program galerinya. Terutama handphone keluaran terbaru. Namun, masih banyak yang belum menyadari keberadaan fitur ini.

Fitur ini mirip dengan Recycle Bin pada komputer. Anda bisa memperoleh lagi foto dan video yang sudah Anda hapus. Akan tetapi, terdapat batas waktu kapan terakhir Anda menghapusnya. Fitur ini tidak bisa menunjukkan foto dan video yang sudah dihapus lebih dari 1 bulan terakhir.

Cara membukanya yaitu melalui Gallery. Tekan icon Gallery lalu pilih opsi Album. Akan muncul opsi Recently Deleted (Baru Saja Dihapus) di Album. Jika fitur ini tidak muncul pilih icon tiga titik atau Setting kemudian scroll hingga menemukan icon Trash (Tempat Sampah).

Foto Anda yang terhapus seharusnya berada di folder tersebut. Cara simpannya, Anda hanya perlu memilih foto yang ingin Anda ambil dan membukanya, kemudian gunakan Restore (Pulihkan).

2. Dengan Google Photo

Cara selanjutnya yaitu menggunakan fungsi penyimpanan Cloud pada telepon genggam. Handphone-handphone android umumnya sudah terinstall aplikasi-aplikasi Google seperti Google Play, Google Photo, dan Google Drive.

Jika Anda melakukan login akun email Google Anda di ponsel, besar kemungkinan berkas Anda tersimpan secara online di Google Photo atau Drive. Namun, kekurangannya jika Anda belum mengatur penyimpanan tidak semua data otomatis terbackup oleh Google. App ini juga mengutamakan penggunaan wi-fi untuk melakukan backup otomatis.

Cara mengeceknya seperti ini. Pertama tap ikon Google Photo di gawai Anda. Foto-foto yang terbackup akan langsung tampil sesuai kapan Anda mengambilnya. Cara menyimpannya pun mudah. Klik foto yang akan disimpan. Lalu tekan opsi 3 titik di pojok kanan. Scroll hingga menemukan opsi Download.

Selain program ini, cara ini juga berfungsi pada app penyimpanan online lainnya seperti Google Drive, Dropbox, dan Microsoft Onedrive. Anda tinggal menggunakan mana yang terinstall pada telepon genggam Anda dan mencari di antara data yang terbackup.

3. Cloud Storage Bawaan Hp

Jika di handphone Anda belum terinstal Google Photo atau program serupa, Anda bisa mengecek penyimpanan Cloud bawaan telepon. Namun, kemungkinan data tersimpan hanya terjadi jika Anda pernah melakukan pengaturan pencadangan data (backup).

Untuk membukanya, pertama buka ikon Setting (Pengaturan) di gawai Anda. Lalu scroll hingga menemukan opsi Akun. Selanjutnya, login dengan alamat email atau nomor telepon. Setelah itu, pilih opsi Layanan Awan (Cloud Service).

Di dalam menu Layanan Awan akan terdapat pilihan Galeri dan Kontak. Jika data Anda telah terbackup, pada opsi-opsi tersebut akan terdapat menu Restore (Pemulihan).

Cara Restore Foto Lewat Komputer

Bagaimana jika Anda menggunakan android versi lebih lama dan file tidak tersimpan di Cloud Storage? Tidak perlu khawatir, masih ada cara untuk mendapatkan kembali data-data berharga Anda. Anda bisa mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus di android lewat laptop atau komputer.Cara ini menggunakan software third party yang harus Anda install terlebih dahulu di komputer Anda. Anda juga harus menyediakan kabel usb untuk menyambungkan telepon genggam ke komputer.

Syarat utama untuk melakukan recovery ini, Anda tidak boleh menggunakan handphone setelah menghapus data. Karena data Anda sebenarnya tidak benar-benar hilang. Data tersebut masih terdapat pada ruang di memori Anda meskipun perangkat akan menunjukan ruang bekas file tersebut sudah kosong.

Jika Anda melakukan aktivitas dan menyimpan gambar baru, file yang sudah Anda hapus akan tergantikan tempatnya di memori handphone. Sehingga, data tersebut tidak dapat dikembalikan lagi.

Program untuk memperoleh kembali foto lewat komputer ada bermacam-macam. Anda bisa memilih yang mana saja yang Anda sukai. Namun usahakan menghindari yang membutuhkan root. Beberapa yang bisa Anda coba di antaranya:

1. Fonepaw Android Data Recovery

Cara ampuh mengembalikan foto yang terhapus di android di antaranya dengan Fonepaw. Software ini tidak membutuhkan root dan bisa Anda download secara gratis. Versi gratisnya memiliki fitur yang lebih sedikit dari versi berbayar, tetapi masih dapat berfungsi dengan baik untuk mendapatkan kembali file Anda.

Langkah pertama, install Fonepaw di laptop Anda. Kemudian, hubungkan hp dengan komputer menggunakan kabel data. Buka Fonepaw dan pilih opsi Android Data Recovery.Setelah itu Anda akan disuruh memilih data apa saja yang ingin Anda kembalikan. Beri centang pada opsi Gallery kemudian tekan Next. Setelah itu akan terdapat request ke hp Anda.

Buka Pengaturan di telepon genggam Anda, lanjut ke About Phone dan pilih menu Developer Option. Geser Install via USB untuk mengizinkan instalasi. Lalu ketika muncul permintaan instalasi FoneGo, pilih Install.

Perhatikan kembali software Fonepaw di komputer Anda. Akan muncul pilihan Otorisasi Scan Data, izinkan dengan tombol I Have Authorized. Fonepaw akan melakukan scan data-data yang baru Anda hapus dan menampilkannya kepada Anda. Untuk menyimpan, Tap pada foto yang Anda mau dan tekan tombol recover di pojok kanan bawah.

2. Tenorshare UltData

Cara menggunakan Tenorshare tidak jauh berbeda dengan Fonepaw. Tidak hanya data yang terhapus, Anda pun bisa melakukan pengembalian data pada kasus-kasus lainnya. Misalnya ketika gawai Anda rusak karena basah, sistem operasinya rusak, karena layar pecah, dan lain-lain.

Cara menggunakannya, pertama lakukan instalasi Tenorshare di komputer Anda. Software ini juga bisa Anda unduh secara gratis. Lalu, buka programnya dan sambungkan telepon genggam Anda ke komputer.

Serupa dengan Fonepaw, Anda harus memberi izin aplikasi pada telepon Anda. Buka Setting di ponsel Anda, lalu About Phone dan lanjut dengan Developer Option. Izinkan USB Debugging. Setelah perangkat Anda terdeteksi, klik Izinkan.

Setelah itu, pada Tenorshare di komputer Anda, pilih jenis file yang ingin Anda kembalikan. Misalnya centang pada opsi Foto dan Video. Tenorshare akan melakukan scan dan menunjukkan data-data yang bisa Anda ambil. Pilih data yang Anda inginkan, kemudian gunakan tombol Recover.

Restore Foto dengan Aplikasi Android

Jika tidak bisa mengakses laptop, Anda pun bisa memakai program di Android untuk memperoleh kembali file yang tidak sengaja terbuang. Meski demikian fiturnya akan lebih terbatas. Contohnya app Dumpster, DiskDigger, dan DigDeep.

Apabila ingin cara mengembalikan foto yang terhapus di android tanpa root, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih aplikasi. Karena, sebagian besar yang tersedia masih berbasis root agar bisa berfungsi optimal.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di android. Sekarang Anda bisa tetap tenang jika tidak sengaja menekan Delete di gawai Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *