by

Eskalasi Politik Dunia, MotoGP Finlandia Batal

Jakarta: Dorna Sports menyatakan, resmi membatalkan balapan MotoGP Finlandia 2022 karena alasan homologasi, dan faktor keamanan.

Sebelumnya, MotoGP Finlandia dijadwalkn berlangsung di Sirkuit KymiRing, Finlandia, Juli 2022. Eskalasi politik turut menjadi pertimbangan pembatalan ini seperti dijelaskan Dorna Sports hingga menunda waktu balapan tahun depan, 2023.

“Keputusan ini diambil FIM, IRTA, serta Dorna Sports dengan berbagai pertimbangan,” bunyi keterangan resmi Dorna Sports dilansir dari laman MotoGP, Kamis (26/5/2022).

Pertimbangan itu antara lain karena proses homologasi, yaitu pemberian persetujuan atau konfirmasi dari badan hukum yang memiliki otoritas resmi seperti pengadilan, departemen pemerintah, atau badan akademik profesional atas suatu tindakan.

“Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih (kami) harus membatalkan Grand Prix Finlandia pada tahun 2022,” tulis Dorna Sports.

“Keadaan saat ini telah menimbulkan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko. Karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek ini harus ditunda hingga 2023, ketika MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade.”

Baca juga: Rusia Menangguhkan Ekspor Listrik ke Finlandia

Keamanan Finlandia belum lama ini dibahas dunia lantaran baru saja memutuskan bergabung menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Keputusan mereka bergabung NATO diperkuat dengan pernyataan menolak keras invansi Rusia di Ukraina yang telah terjadi sejak, Februari 2022.

Sedangkan Rusia sebagai mitra Finlandia selama ini telah menyatakan, keputusan Finlandia tersebut merupakan kesalahan. Itu disampaikan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa waktu lalu.

Finlandia memgumumkan secara resmi bergabung NATO, pada Minggu (15/5/2022).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.