by

Enam Titik Panas Terdeteksi di Riau

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan enam titik panas terdeteksi tersebar di dua daerah di Provinsi Riau, yakni Kabupaten Indragiri Hulu lima titik dan Pelalawan satu titik.

“Pencatatan tersebut dilakukan hingga akhir pukul 23.00 WIB, Minggu (8/8), yang terdata di Provinsi Riau terdapat enam titik panas itu,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna di Pekanbaru, Senin.

Selain di Riau, kata dia, tercatat tujuh provinsi di Sumatera yang juga terdapat titik panas, yakni Provinsi Sumatera Selatan 55 titik, Lampung (44), dan Bangka Belitung (17), Provinsi Jambi (9), Provinsi Bengkulu (4), Provinsi Sumatera Barat (2), Provinsi Sumatera Utara (1).

“Sehingga total titik api di Sumatera, Senin ini mencapai 138 titik panas,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur menjelaskan turunnya titik api di daerah itu juga dibantu dengan turunnya hujan di sejumlah wilayah di Riau.

“Beberapa wilayah di Riau sudah diguyur hujan sehingga membantu pemadaman karhutla, sementara itu untuk penanganan serta mengantisipasi karhutla, maka Tim Satgas Karhutla Riau, kabupaten, dan kota selalu siaga berpatroli di lapangan, terutama di daerah yang rawan terjadi karhutla,” katanya. (Ant/Nto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *