by

Empat terdakwa Dihadirkan, Sidang Kebakaran Lapas Tangerang

Tangerang: Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (JPU Kejari) Kota Tangerang bakal menghadirkan empat orang tersangka yang statusnya sudah berubah menjadi terdakwa dalam sidang dugaan kasus kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang.

Sejatinya, sidang perdana akan digelar di ruang sidang 1 Pengadilan Negeri Tangerang pada Selasa,18 Januari 2022 dan dalam insiden kebakaran tersebut menewaskan 49 orang narapidana dan 72 lainnya luka-luka.

“Tanggal 18 Januari ini, para tersangka akan kita hadirkan di persidangan untuk pembacaan dakwaan,” ungkap Dapot Dariarma, Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang kepada RRI.co.id, Rabu (12/1/2021).

Para narapidana nantinya yang dihadirkan itu yakni, sipir atau petugas Lapas Kelas I A Tangerang bernama Suparto, Rusmanto, Yoga Wido Nugroho dan Panahatan Butar Butar.

“Tidak mungkin bila tidak dihadirkan karena pihak Pengadilan Negeri Tangerang tidak melamukan penahanan terhadap mereka dan saat ini statusmya adalah tahanan kota. Kalau tidak dihadirkan, tidak mungkin mereka mengikuti perdidangan dari rumah,” tutur mantan Kasie Pidum Kejari Garut itu.

Dia juga menegaskan, pada sidang perdana nanti, agendanya adalah pembacaan dakwaan. “Bila tidak ada eksepsi, perkara itu kita lanjutkan dengan pemeriksaan saksi. Kalau ada eksepsi, ya kita tunggu, kita akan berikan jawaban untuk eksepsi tersebut,” imbuhnya.

Ditambahkan Kasie Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, R Bayu Probo Sutopo, akibat profesional dalam menangani perkara, Kejaksaan Negeri Kota Tangerang dianugrahi empat penghargaan sekaligus dari Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Reda Manthovani.

“Penghargaan itu atas pencapaian kinerja bidang pembinaan, bidang intelijen, bidang tindak pidana umum dan bidang tindak lidana khusus. Untuk bidang pembinaan memperoleh peringkat III, bidang intelijen, bidang tindak pidana umum dan bidang tindak pidana khusus meraih posisi peringkat I selama periode 2021,” bebernya.

Dia mengaku, penghargaan tersebut sebagai bentuk motivasi pimpinan kepada jajaran pegawai Kejaksaan Negeri Kota Tangerang untuk dapat mempertahankannya dan lebih meningkatkan kinerja

“Selain kinerja pada tahun 2021, bidang Pidum juga memperoleh peringkat I dalam rutinitas, kecepatan dan kualitas pelaporan penanganan perkara termasuk didalamnya entry data dalam aplikasi CMS. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Walaupun ditengah masa pandemic Covid-19,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Tangerang menjadwalkan sidang perdana empat tersangka kasus kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang yang menelan korban 121 narapidana pada Senin pekan depan.

“Besok Senin (10/1/2022, Red) mungkin sudah keluar jadwal sidangnya,” ungkap Arif Budi Cahyono, Humas Pengadilan Negeri Tangerang kepada RRI.co.id, Jumat (7/1/2021).

Menurut Arif, pihak Kejaksaan Negeri Kota Tangerang telah melimpahkan berkas kasus tersebut. Tersangkanya berjumlah empat orang. “Kemarin infonya sudah dilimpah oleh Kejaksaan,” tukasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *