by

E-Meterai Resmi Diluncurkan, Meterai Tempel Masih Berlaku?

Samarinda: Meterai elektronik atau e-meterai resmi diluncurkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Namun, belum bisa berlaku karena masih dalam tahap uji coba terlebih dahulu.

“Dengan menggunakan e-meterai, sekarang dokumen elektronik jadi sah. Bahkan di Kementerian Keuangan sudah banyak nota-nota dinas yang dilakukan secara elektronik, menggunakan tanda tangan elektronik pula,” ujarnya dalam peluncuran e-meterai secara virtual, Jumat (1/10/2021).

Menurutnya, dengan adanya meterai elektronik ini maka akan memudahkan masyarakat untuk membeli dan menempel meterai dimanapun berada untuk dokumen elektroniknya. Selain itu, dokumen yang ditempel e-meterai dijamin sah oleh negara.

Saat proses uji coba selesai, maka masyarakat umum bisa membeli e-meterai untuk dokumen elektroniknya. Pembelian dilakukan melalui portal resmi e-meterai. Pembeliannya pun sangat mudah. Setelah membuat akun dan login ke dalam portal tersebut, masyarakat bisa membeli meterai dan melakukan pembayaran dengan mudah.

Meski ada e-meterai, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo memastikan, meterai tempel masih tetap berlaku. Sebab, e-meterai digunakan untuk dokumen elektronik dan meterai tempel digunakan untuk dokumen kertas. Setelah peluncuran ini, dilakukan uji coba pemakaian untuk dokumen-dokumen milik perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) dan juga PT Telkom Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *