by

Dugaan Hepatitis Akut Global Dekati Seribu Kasus

Jenewa: Hampir seribu dugaan kasus hepatitis akut parah muncul secara global hingga bulan Juni ini, menurut laporan terkini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (24/6/2022).

WHO mengatakan terdapat sebanyak 920 dugaan kasus hepatitis akut parah pada anak-anak dengan penyebab kasus (etiologi) yang belum diketahui secara jelas.

“Per 22 Juni 2022, 33 negara di lima Regional WHO telah melaporkan 920 kemungkinan kasus. Ini termasuk kasus baru dan yang diidentifikasi secara retrospektif sejak 1 Oktober 2021, yang sesuai dengan definisi kasus WHO,” kata WHO dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/6/2022).

“Ada empat negara tambahan yang telah melaporkan kasus yang menunggu klasifikasi dan tidak termasuk dalam penghitungan kemungkinan kumulatif kasus. Dari kemungkinan kasus tersebut, 45 (5%) anak-anak memerlukan transplantasi, dan 18 (2%) meninggal telah dilaporkan ke WHO.”

Setengah dari kemungkinan kasus yang dilaporkan telah dilaporkan oleh WHO Regional Eropa, yakni 20 negara melaporkan 460 kasus, termasuk 267 kasus (29% kasus global) dari Inggris.

Jumlah kasus kemungkinan tertinggi kedua dilaporkan dari Regional Amerika sebanyak 383 kasus, termasuk 305 kasus dari Amerika Serikat, diikuti Regional Pasifik Barat dengan 61 kasus, Regional Asia Tenggara 14 kasus dan Regional Mediterania Timur 2 kasus.

Tujuh belas negara melaporkan lebih dari lima kemungkinan kasus. Jumlah kasus yang sebenarnya mungkin dikecilkan, sebagian karena terbatasnya skema peningkatan pengawasan.

Dari laporan tersebut, Indonesia yang berada di Regional Asia Tenggara melaporkan 13 kasus.

WHO juga mengeluarkan saran penerapan praktik pencegahan dan pengendalian infeksi umum untuk menghindari merebaknya kasus ini. Saran-saran tersebut antara lain:

Sering membersihkan tangan, menggunakan sabun dan air, atau gel tangan berbasis alkohol.
Menghindari ruang yang ramai dan menjaga jarak dari orang lain.
Memastikan ventilasi yang baik saat di dalam ruangan.
Mengenakan masker yang pas menutupi mulut dan hidung Anda bila perlu.
Menutupi batuk dan bersin.
Menggunakan air yang aman untuk minum.
Mengikuti Lima Petunjuk Makanan yang Lebih Aman: (1) jaga kebersihan; (2) pisahkan mentah dan matang; (3) masak hingga matang; (4) menjaga makanan pada suhu yang aman; dan (5) menggunakan air dan bahan baku yang aman.
Pembersihan rutin permukaan yang sering disentuh.
Tetap di rumah saat tidak sehat dan mencari bantuan medis.