DPR: Jangan Tambah Beban Masyarakat Dengan Penghapusan Premium

5
(210)

Jakarta: Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto mengatakan Fraksi PKS menolak penghapusan premium. Alasannya, karena penghapusan premium menyisakan bahan bakar minyak yang mahal bagi masyarakat.

“Masyarakat masih menderita karena Covid-19, jangan ditambah dgn beban lain,” kata Mulyanto yang juga anggota Fraksi PKS dalam cuitannya di Twitter @pakmul63 yang dilihat rri.co.id, Senin (23/11/2020).

Sebelumnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan rencana menghapus Premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali alias Jamali bukan dari kementeriannya. Karena itu, pihaknya belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait rencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut.

Pemerintah berkomitmen menekan emisi karbon dengan mendorong pemakaian BBM beroktan tinggi. Karena itu, ia mendorong Pertamina memberi diskon untuk Pertalite yang angka oktanya lebih tinggi daripada Premium. “Sementara ini situasinya masih biasa. Alokasi tahun depan tetap kami penuhi,” ujar Arifin seperti dikutip dari katadata.co.id.

Wacana penghapusan premium pada Januari 2021 santer terdengar. Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) MR Karliansyah mengatakan penghapusan ini akan menurunkan emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Dapat dipastikan kualitas udara akan makin membaik,” katanya pada pekan lalu.

KLHK pun telah bertemu dengan Pertamina terkait rencana tersebut. Namun, Karliansyah enggan menjabarkan detail pembicaraan kedua pihak. Aturan penerapan BBM ramah lingkungan tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4.

Dalam aturan ini tertulis standar baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor harus sesuai Euro 4, yaitu memiliki research octane number atau RON 95.

Pemerintah awalnya menargetkan penghapusan Premium pada 2019. Namun, rencana ini batal di tengah jalan karena bertepatan pula dengan tahun pemilihan presiden.(RRI)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 210

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *