by

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Ciptakan Kemandirian Masyarakat Desa Air Ketekok Di Tengah Pandemi

HarianNasional.Com, Belitung – Keberhasilan pembangunan suatu desa tidak terlepas dari peran Kepala Desa sebagai pemimpin yang ada di desa, hal ini juga merupakan fungsi dari pemerintah desa itu sendiri sebagai fungsi pembangunan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan undang-undang desa.

Upaya untuk membantu pertumbuhan pembangunan ekonomi hingga kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri tentunya semua kepala daerah haruslah membuat tindakan yang mencerminkan kepedulian dan dukungan bagi pemberdayaan masyarakat, tidak terkecuali kepada Desa Aik Ketekok.

Berdiri semenjak 15 Agustus 2011 , Desa Air Ketekok ini memiliki luas wilayah 405 hektar dan jumlah penduduk sekitar 4.000 jiwa yang kini giat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid 19.

Sebagai Kepala Desa Aik Ketekok, Antoni mengatakan banyak program prioritas untuk masyarakat dimasa kepemimpinannya dengan melakukan berbagai macam program pelatihan untuk masyarakat guna mencetak para wirausaha baru sehingga terwujudnya ekonomi masyarakat mandiri.

“Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di saat pandemi sekarang Ini , masyarakat harus dibekali berbagai pelatihan sehingga terciptanya wirausaha mandiri dan kita tahu Belitung inikan merupakan daerah wisata “,Jelas Antoni di Kantor Desa Air Ketekok Kabupaten Belitung, (16/11/2021).

Selain itu lanjut Antoni, dengan memberikan pelatihan tentunya dapat membekali masyarakat di desa air ketekok agar dikemudian hari menjadi lebih mandiri dan berdaya saing.

Selain Terobohan wujudkan program pembangunan desa ditengah pandemi covid 19, program Desa Wifi pun menjadi solusi di tengah bagi orang tua murid untuk melaksanakan pembejaran secara online dengan keterbatasan data internet.

“Program Desa Wifi merupakan ide yang tercetus sejak adanya belajar online saat pandemi Covid 19 bahkan Banyak orang tua mengeluhkan kehabisan paket untuk anaknya belajar online”, tutur Antoni.

Bahkan lanjutnya untuk disarankan mengakses internet secara gratis di kantor desa aik ketekok.

Untuk mewujudkan Desa Wifi, Ia mengatakan program ini akan diteruskan guna menambah titik titik hospot setiap dusun di Desa Aik Ketekok pada anggaran perubahan tahun depan.

“kita siapkan untuk anggaran perubahan tahun depan untuk menambah titik hospot sehingga masyarakat dapat menikmati akses internet secara gratis dan ini kita fasilitasi”, Ujarnya.

Hingga Kini pandemi covid 19 terus menunjukkan angka penurunan di desa aik ketekok, Antoni pun terus menghimbau dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tetap semangat dan tidak kendor guna mengingatkan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Dan Ia juga berharap Desa Aik Ketekok di bawah kepemimpinanya bisa terus berkembang dan maju di tengah pandemi covid 19 dengan terus memberikan program untuk masyarakat sehingga pencapaian ekonomi untuk menuju desa yang lebih maju, mandiri dan sejahtera tentunya terwujud masyarakat mandiri.(lr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *