by

Dongkrak Perekonomian, Sandiaga Uno Yakini Sport Tourism

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini bahwa potensi destinasi wisata berbasis sport tourism mampu menjadi pendongkrak pemulihan ekonomi Tanah Air.

Penyelenggaraan MotoGP Mandalika dinilai sebagai pendongkrak nama Indonesia di kancah dunia, khususnya untuk wisata olahraga. Ia meyakini, sport tourism dapat menjadi motor dalam pemenangan ekonomi bangsa.

“Saya meyakini bahwa sport tourism menjadi destinasi wisata yang memenangkan [ekonomi] Indonesia saat pandemi Covid-19,” kata Sandiaga Uno melalui keterangan pers, Senin (21/3/2022).

Kebangkitan UMKM adalah bentuk kebangkitan ekonomi yang paling nyata yang mendapat imbas dari keuntungan diselenggarakannya perhelatan kelas dunia ini. Terlebih lagi, kebangkitan UMKM merupakan amanah yang diinstruksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Dari Mandalika sendiri, kami menargetkan total Rp500 Miliar [pendapatan penyelenggaraan MotoGP] dan sekitar 30.000—40.000 lapangan pekerjaan baru yang dapat tercipta dengan adanya pagelaran MotoGP ini,” ujarnya.

Sandiaga Uno menurutkan bahwa pendapatan tersebut dapat berasal dari berbagai sumber pemasukan. Antara lain penjualan tiket, sponsor, makanan dan minuman, serta merchandise. Belum lagi dari tiket kapal, penerbangan, dan lain-lainnya termasuk pajak.

Ribuan UMKM juga disebutkan terfasilitasi dari hasil kurasi lintas kementerian dan institusi, yakni Kementerian Koperasi dan UKM, Kemenparekraf, dan Bank Indonesia bahkan Pemda NTB.

“Acara ini juga memfasilitasi 1.256 UMKM. Sebanyak 35.000 hingga 50.000 lapangan pekerjaan tercipta, baik secara langsung maupun tidak langsung, dari MotoGP 2022 Mandalika,” ujarnya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun disebutkan, memperkirakan nilai ekonomi sport tourism di Indonesia pada 2024 akan menembus Rp 18,79 triliun.Perkiraan ini berdasarkan beberapa perhelatan olah raga yang akan digelar seperti Tour de Singkarak di Sumatera Barat, Tour de Banyuwangi Ijen di Jawa Timur, Borobudur Marathon di Jawa Tengah, Belitong Geopark Ultra Run di Bangka Belitung, Ironman Bintan di Kepulauan Riau, World Surf League di Bali, World Superbike dan MotoGP 2022 di NTB, dan Tour de Flores di NTT.

Salah satu acara yang menjadi sorotan saat ini adalah MotoGP Mandalika di NTB. Acara ini menelan investasi Rp1,2 triliun untuk pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit saja. Sirkuit sepanjang 4,3 km itu setara dengan biaya pembangunan 10 km jalan tol.

Menurutnya, destinasi wisata olahraga (sport tourism) memiliki dampak yang besar dengan potensi yang tidak terbendung, sebab Indonesia memilliki ragam lokasi yang bisa menyelenggarakan event-event internasional ke depannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.