by

DKI Mulai Suktikan Vaksin Booster

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta memulai pemberian vaksinasi dosis ketiga, Rabu (12/1/2022). “Kick off” atau pemberian pertama kali berlangsung di Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti memastikan, seluruh fasilitas dalam mendukung jalannya vaksinasi dalam kondisi siap. Pihaknya juga berkolaborasi dengan TNI/Polri untuk percepatan vaksinasi dosis ketiga ini.

“Masyarakat yang sudah bisa divaksin dosis ketiga ini adalah WNI, berusia 18 tahun ke atas, dan sudah lewat dari 6 bulan sejak dosis kedua. Tidak harus di faskes yang sama dengan lokasi vaksin dosis pertama dan kedua, bisa di faskes lain dengan menunjukkan tiket vaksin ketiga atau vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Widyastuti mengatakan, untuk sementara ini, baru sebagian warga lansia, yang sudah terbit tiket vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi.

Namun, secara bertahap tiket tersebut akan terus diperbarui oleh Kementerian Kesehatan RI, sehingga bagi masyarakat yang belum keluar tiket vaksin ketiganya dapat menunggu pembaruan data tersebut.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat untuk mengecek tiket vaksin ketiga COVID-19 secara mandiri sebelum datang ke faskes terdekat untuk mengurangi antrean dan menghindari kerumunan.

Dia menegaskan pelayanan vaksin booster ini terbuka untuk masyarakat ber-KTP DKI Jakarta maupun non-KTP DKI Jakarta. Bahkan penduduk non-KTP DKI Jakarta, tak perlu melampirkan surat keterangan domisili saat pelaksanaan vaksin booster.

Adapun jenis vaksin yang diberikan menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin di puskesmas dan dapat dilakukan kombinasi vaksin yang ditentukan Kemenkes RI.

Antara lain:

– Vaksin dosis 1&2 Sinovac -> Vaksin booster:

Pfizer 1/2 dosis (0,15cc)

– Vaksin dosis 1&2 Sinovac -> Vaksin booster: AstraZeneca 1/2 dosis (0,25cc)

– Vaksin dosis 1&2 Astrazeneca -> Vaksin booster: Moderna 1/2 dosis (0,25cc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *