DK PBB Diminta Bersidang, Buntut Serangan ke Yaman

New York: Rusia meminta Dewan Keamanan (DK) PBB untuk bersidang pada hari Jumat (12/1/2024). Permintaan tersebut sehubungan serangan udara massal yang dilakukan Amerika Serikat dan Inggris di wilayah Yaman.

“Rusia telah meminta pertemuan mendesak Dewan Keamanan PBB pada 12 Januari sehubungan dengan serangan AS dan Inggris di Yaman,” kata kata Misi Tetap Rusia untuk PBB melalui saluran Telegram- nya, dikutip dari TASS, Jumat.

Misi tersebut mengatakan pertemuan itu dijadwalkan pada pukul 10.00 waktu setempat (15.00 GMT). Pada Rabu (10/1/2024), Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi yang menuntut diakhirinya segera serangan terhadap kapal di Laut Merah.

Sebanyak 11 anggota DK PBB menyetujui resolusi tersebut, sedangkan empat negara yakni Rusia, Tiongkok, Aljazair, dan Mozambik abstain. Sebelumnya, DK PBB menolak tiga usulan Rusia untuk mengubah teks rancangan resolusi tersebut.

Salah satu usulannya menyebutkan konflik Palestina dan Israel sebagai penyebab eskalasi di Laut Merah belakangan ini. Meningkatnya konflik Palestina-Israel di Jalur Gaza, membuat kelompok Houthi Yaman berjanji akan melancarkan serangan ke wilayah Israel.

Mereka juga tidak mengizinkan kapal-kapal terkait melewati perairan Laut Merah dan Selat Bab el-Mandeb. Operasi itu akan terus berlangsung sampai operasi Israel di daerah kantong Palestina terhenti.

Menurut CENTCOM (Komando Pusat AS), lebih dari 20 kapal induk dan kapal komersial telah diserang di perairan ini. Serangan tersebut berlangsung sejak pertengahan November.

Sebagai tanggapan, AS menyatakan meluncurkan operasi Prosperity Guardian untuk menjamin keselamatan navigasi dan melindungi kapal-kapal di Laut Merah. Pada Jumat dini hari, militer AS dan Inggris melancarkan serangan terhadap posisi Houthi di sejumlah kota di Yaman.

Mereka menggunakan kapal permukaan, pesawat tempur, dan kapal selam untuk melancarkan serangan tersebut.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *