by

Divonis 11 Tahun Penjara, Mantan Penyidik KPK

Jakarta: Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stephanus Robin Pattuju dijatuhkan hukuman atau vonis 11 tahun penjara dan Pengacara Maskur Husain divonis 9 tahun penjara oleh majelis hakim dan pidana denda sejumlah Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terkait perkara dugaan penerimaan suap dalam pengurusan perkara di KPK.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu terhadap terdakwa Stephanus Robin Pattuju dengan pidana penjara selama 11 tahun dan pidana denda sejumlah Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan,” ucap hakim Djuyamto saat membacakan surat putusan atau vonis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu, (12/ 1/ 2022)

Putusan itu diambil hakim karena dinilai Robin terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi seperti yang didakwakan.

“Mengadili, 1. Menyatakan Terdakwa Stephanus Robin pattuju telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan pertama melanggar pasal 12 huruf a junto pasal 18 undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke-1 dan pasal 65 ayat 1 KUHPidana sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama,” tutur hakim.

Menurut hakim, selain 11 tahun dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, Robin juga dikenakan pidana tambahan untuk membayar uang pengganti.

“Menjatuhkan pidana tambahan terhadap terdakwa tersebut untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp 2.322.577.000 selambat-lambatnya 1 bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap. Jika dalam jangka tersebut terdakwa tidak membayar uang pengganti maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut,” ujarnya.

“Dalam hal terdakwa saat menjadi terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi membayar uang pengganti maka dipidana dengan kurungan penjara selama 1 tahun dan 6 bulan,” sambungnya.

Hakim juga menetapkan masa tahanan Robin diberlakukan sejak ditahan dikurangi masa tahanannya dari vonis yang dijatuhkan.

“Menetapkan lamanya masa penahanan dikurangkan seluruhnya dari pidana penjara yang dijatuhkan,” tegasnya.

Selain itu, hakim memerintahkan agar terdakwa Robin tetap berada dalam tahanan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *