by

Ditemukan di Kuil Mesir, Timbunan Uang Emas dan Perak dari Era Nabi SAW

Jakarta – Tumpukan koin emas dan perak era Islam ditemukan di belakang kuil Mesir. Beberapa koin bertanggal 1.000 tahun yang lalu. Live Science, 17/09.

Para arkeolog di Mesir telah menemukan simpanan koin emas dan perak berusia hampir 1.000 tahun itu di belakang sebuah kuil di Esna, sebuah kota yang terletak di sepanjang Sungai Nil.

Timbunan yang ditemukan oleh tim peneliti dari Dewan Tertinggi Arkeologi Mesir, termasuk koin yang dicetak di berbagai bagian era Islam, yang dimulai pada 610 M, ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya, dan berlangsung hingga kira-kira abad ke-13.

Koin penting yang ditemukan selama penggalian, yang dimulai tahun lalu, termasuk 286 koin perak raja dan kerajaan dari era itu, serta berbagai koin emas, koin dari Armenia yang dicetak pada masa pemerintahan Raja Leo II pada abad ke-13, dan koin perunggu dan kuningan dari Kekaisaran Ottoman.

Juga ditemukan di antara “harta karun tersembunyi” adalah dirham (koin perak yang digunakan di beberapa negara Arab, termasuk Uni Emirat Arab saat ini) yang dicetak oleh berbagai raja dan sultan. Selain itu, para peneliti menemukan cetakan dan timbangan yang digunakan selama proses pencetakan.

Arkeolog tidak yakin mengapa tumpukan koin ditinggalkan di situs kuil dan berharap analisis lebih lanjut yang akan memberikan petunjuk tentang sejarah koin, menurut pernyataan itu.(gatra)