Friday, June 18

Disebut Lembaga Paling Transparan, KPK: Jadikan Motivasi

Site Logo

Site Logo
HOME
NASIONAL
INTERNASIONAL
DAERAH
EKONOMI
OLAHRAGA
TEKNOLOGI
HIBURAN
HUMANIORA
TANGGAP BENCANA
EDITORIAL
BERITA FOTO
PODCAST
VIDEO JURNALIS
INFOGRAFIS
INDEKS
Disebut Lembaga Paling Transparan, KPK: Jadikan Motivasi
Bagikan :
Plt jubir KPK Ali Fikri

Oleh: Chairul Umam Editor: Tegar Haniv Alviandita 26 Jan 2021 12:45
KBRN, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ,menjadikan hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

Dalam survei mengenai pemberantasan korupsi yang dirilis pada Senin (25/1/2021) itu, 85.5 persen responden menilai kinerja KPK sudah baik. Selain itu,19.7 persen responden menilai KPK sebagai lembaga paling transparan.

Plt Jubir KPK, Ali Fikri mengatakan, hasil survei ini merupakan cerminan harapan masyarakat Indonesia terhadap KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. Untuk itu, KPK termotivasi untuk terus bekerja semaksimal mungkin.

“Hasil survei tersebut sebagai cerminan ekspektasi publik kepada KPK dan ini tentu menjadi motivasi untuk kami terus bekerja sebaik mungkin,” kata Ali saat dikonfirmasi, Selasa (26/1/2021).

Ali mengatakan, upaya memberantas korupsi tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Untuk itu, KPK selalu mendengar setiap masukan maupun kritik dari masyarakat mengenai kerja-kerja pemberantasan korupsi.

“KPK selalu terbuka atas masukan dan kritikan dari masyarakat,” kata Ali.

Diberitakan sebelumnya, hasil survei KedaiKOPI menunjukkan sebanyak 85.5 persen responden menilai kinerja KPK sudah baik. Survei ini dilakukan pada 4-11 Januari 2020 dengan melibatkan 2.000 responden yang berada di 34 provinsi di Indonesia. Metode survei menggunakan wawancara tatap muka (home visit) dan margin of error sekitar 2.19 persen pada interval kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, menyatakan tiga alasan teratas bagi responden menilai kerja KPK baik lantaran banyak koruptor yang ditangkap dengan 55,1 persen, kinerja terbukti (14,0 persen), serta tegas dan berani melawan korupsi (5.5 persen).

“Yang baik bilang 85,5 persen, rata-ratanya 6,83” kata Kunto dalam pemaparan hasil survei yang disiarkan di akun Youtube KedaiKOPI, Senin (25/1/2021).

Selain kinerjanya dianggap baik, dari survei tersebut, KPK menempati urutan tiga teratas sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat dengan skor rata-rata 6.90. Lembaga antirasuah berada di bawah TNI (skor 7.04) dan Presiden (6.98). Meski demikian, lanjut Kunto, KPK menjadi lembaga yang dinilai paling transparan dengan skor 19.7.

Kunto menerangkan tingginya penilaian publik terhadap KPK tak lepas dari rangkaian kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan pada akhir tahun lalu, saat KPK menjerat dua menteri pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta mantan Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

“Publik mempersepsikan indikator keberhasilan KPK adalah kalau ada OTT (50.7 persen),” kata Kunto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *