by

Dirusak Coretan Vandalisme, Mural Tema HUT Jakarta

Jakarta: Mural yang di buat dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-495 dirusak coretan vandalisme.

Pantauan rri.co.id, Sabtu (18/6/2022), mural yang dikotori coretan vandalisme itu berada pada tembok di kolong flyover Jalan R. E. Martadinata, tidak jauh dari lampu merah Bintang Mas, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Mural buatan perwakilan warga Kelurahan Pademangan Timur dan Kelurahan Ancol itu bergambar Jakarta International Stadium (JIS) dan sirkuit Formula E.

Di sudut kiri atas tembok tergambar logo Jakarta Hajatan 495, dan di bawahnya tertulis Kelurahan Pademangan Timur.

Sementara, pada sisi kanan tembok tertulis Jakarta International Stadium dengan cat merah, di bawahnya juga tertulis Kecamatan Pademangan.

Ada pula tulisan penanda bahwa karya tersebut merupakan mural ke 419 dari total 495 mural Jakarta Hajatan yang menghiasi tembok Jalan R. E. Martadinata.

Mirisnya, mural bergambar Jakarta International Stadium dicoret orang tidak dikenal. Setidaknya ada tiga coretan vandalisme yang mengotori mural tersebut. Coretan pertama berada di posisi tengah yang begambar grafiti bertuliskan PSD dengan list biru.

Di sebelah coretan pertama, ada juga grafiti yang tidak jelas bergambar apa mengotori warna warni mural.

Coretan terakhir berada di sisi kiri bawah tembok. Di situ tercoret grafiti bertuliskan CBOB yang menutupi tulisan Kelurahan Pademangan Timur.

Keberadaan coretan vandalisme itu sangat disayangkan warga yang melintas. Salah satunya Mohammad Ivan (23) yang merasa kesal dengan tindakan orang-orang tidak bertanggungjawab tersebut.

“Ya Allah, miris banget sih. Gambar udah bagus-bagus kayak gitu malah dicoret-coret, kesal juga ngelihatnya,” sesal Ivan.

Ivan pun berharap agar tidak ada lagi orang lain yang tega mengotori tembok ketika nantinya sudah penuh dengan mural Jakarta Hajatan.

“Jangan sampai ada lagi lah. Orang niatnya dibikin bagus dengan gambar warna warni gitu, jangan dirusak lah,” ucap Ivan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.