Friday, June 18

Dipridiksi Kasus Covid-19 di Indonesia Akan Naik

Jakarta: Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Palembang memperkirakan kasus Covid-19 di Indonesia akan meningkat pada pertengahan bulan Juni.

”Pasti ada peningkatan kasus, tetapi harapannya bisa ditekan serendah mungkin,” kata Doni di Sumatera Selatan, Sabtu (22/5/2021).

Doni menuturkan, berkaca pada libur Lebaran tahun lalu kasus aktif Covid-19 mencapai 119 persen dibandingkan hari normal.

Kini, semua daerah di Sumatera, kecuali Nias, berstatus zona oranye dan merah. Jika tidak ditanggulangi sejak dini, dikhawatirkan akan terjadi fenomena ”pingpong”, di mana pelaku perjalanan yang datang dari Sumatera kembali ke Jawa berpotensi menjadi pembawa Covid-19 dan menularkannya kepada orang-orang di Jawa.

Dalam dua hari terakhir, kasus positif Covid-19 di Indonesia meningkat. Dari yang semula sekitar 4.000 kasus positif per hari menjadi 5.000-6.000 kasus positif per hari.

Kasus positif melebihi rata-rata kesembuhan yang masih 4.000 orang per hari. Angka kematian akibat Covid-19 dalam periode yang sama meningkat dari 2.71 persen menjadi 2.78 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *