Tuesday, May 18

Anies Baswedan Diperiksa Pakai UU Karantina

Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015 Hamdan Zoelva mengkritik pemeriksaan yang dilakukan polisi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena dugaan melanggar Undang-Undang Karantina Kesehatan lantaran peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Front Pembela Islam (FPI).

“Karantina itu berbeda dengan PSBB. Yang dapat dikenai pidana menurut Pasal 93 UU Kekarantinaan hanyalah pelanggaran atas Karantina,” kata Hamdan seperti dikutip dari akun Twitternya @hamdanzoelva Selasa (17/11/2020).

Baca Juga : Pemanggilan Anies Baswedan Tidak Wajar, Ini Kata Politisi Demokrat

Menurutnya, di Indonesia tidak ada ketetapan karantina kecuali penetapan PSBB. “Salah pasal kalau pelanggaran PSBB diancam Pasal 93 UU kekarantinaan,” ujarnya.

Tindak pidana atas pelanggaran PSBB, lanjutnya, tidak diatur dalam UU kekarantinaan. “Pelanggaran tersebut hanya diatur dalam Pergub,” tegasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menjalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya terkait dugaan pelanggaran UU Karantina di acara akad nikah dan Maulid Nabi yang digelar pimpinan Front Pembela Islam atau FPI Rizieq Shihab di Petamburan Sabtu pekan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *