Anies Baswedan Diperiksa Pakai UU Karantina

5
(1)

Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2015 Hamdan Zoelva mengkritik pemeriksaan yang dilakukan polisi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena dugaan melanggar Undang-Undang Karantina Kesehatan lantaran peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Front Pembela Islam (FPI).

“Karantina itu berbeda dengan PSBB. Yang dapat dikenai pidana menurut Pasal 93 UU Kekarantinaan hanyalah pelanggaran atas Karantina,” kata Hamdan seperti dikutip dari akun Twitternya @hamdanzoelva Selasa (17/11/2020).

Baca Juga : Pemanggilan Anies Baswedan Tidak Wajar, Ini Kata Politisi Demokrat

Menurutnya, di Indonesia tidak ada ketetapan karantina kecuali penetapan PSBB. “Salah pasal kalau pelanggaran PSBB diancam Pasal 93 UU kekarantinaan,” ujarnya.

Tindak pidana atas pelanggaran PSBB, lanjutnya, tidak diatur dalam UU kekarantinaan. “Pelanggaran tersebut hanya diatur dalam Pergub,” tegasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menjalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya terkait dugaan pelanggaran UU Karantina di acara akad nikah dan Maulid Nabi yang digelar pimpinan Front Pembela Islam atau FPI Rizieq Shihab di Petamburan Sabtu pekan lalu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Polri Larang Reuni 212, Ini Perintah Pimpinan

Wed Nov 18 , 2020
5 (1) Jakarta: Mabes Polri mengatakan, tidak akan memberi izin kegiatan Reuni Persatuan Alumni 212 (PA 212) yang rencananya digelar di Monumen Nasional. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono berdalih, bahwa keputusan itu sejalan dengan perintah Kapolri Jenderal Idham Azis melarang setiap kegiatan yang memicu kerumunan […]