by

Diminta Percepat Penyerahan Sertifikat Masyarakat

Jakarta: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menginstruksikan seluruh Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia untuk mempercepat pelaksanaan Program Strategis Nasional (PSN) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal itu dikatakan Menteri ATR/BPN) Hadi Tjahjanto melalui Juru Bicaranya, Teguh Hari Prihartono. Menurut Hari, Hadi juga mengintruksikan seluruh kantor pertanahan supaya sertifikat tanah yang sudah terselesaikan segera diserahkan kepada masyakarat.

“Semakin cepat proses penyelesaian penyerahan sertifikat maka sekaligus akan mempercepat target yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (20/7/2022).

Selain mempercepat penyelesaian sertifkat, Hari menyampaikan Menteri ATR/BPN juga mengintruksikan kepada seluruh pejabat BPN di seluruh lapisan Indonesia agar fokus memperbaiki pelayanan.

“Berharap Kementerian ATR/BPN sebagai satu kementerian yang sangat terhormat, kredibel, transparan dan paling terdepan sebagai urusan permasalahan pertanahan,” kata Hari.

Dikaitkan dengan persoalan hukum terhadap pejabat BPN yang akhir ini lagi marak. Hari mengimbau seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN supaya taat aturan mainnya.

Terutama kepada para pemimpin agar bisa menunjukkan kepiawaiannya dalam memegang kendali kepemimpinan, sehingga seluruh jajarannya juga dalam berada rek dengan baik.

Oleh karena itu, Hadi Tjahjanto menginginkan Kementerian ATR/BPN ini terstruktur kelembagaannya juga vertikal. Maka Menteri ATR/BPN juga berkeinginan kepatuhan dengan di semua level yakni satu komando.

Menteri ATR/BPN pun berharap persoalan yang mengemuka akhir akhir ini tentu bisa segera diakhiri dan bisa selesai dengan baik.

Hari mengatakan dalam waktu deket Kementerian ATR/BPN akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang mengundang seluruh para pejabat di tingkat wilayah kantor pertanahan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.