by

Dilimpahkan ke Pengadilan, Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang

Tangerang : Berkas empat orang tersangka dugaan kasus kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I A Tangerang yang menelan 121 narapidana dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tangerang pekan depan.

Keempat tersangka yang berkasnya dinyatakan lengkap dan akan segera disidangkan yakni Suparto, Rusmanto, Yoga Wido Nugroho, dan Panahatan Butar Butar.

Kasie Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Banten, Ivan Siahaan mengatakan, pelimpahan tersangka dan barang bukti keempatnya dari penyidik Polda Metro Jaya ke jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang dilakukan kemarin.

“Perkembangan yang terakhir sudah dilakukan tahap dua,,” ungkapnya kepada rri.co.id, Jumat (31/12/2021).

Ditambahkan Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Dapot Dariarma mengatakan, kasus ini ditangani oleh Kejati Banten, namun penyerahan tahap II ke Kejari Kota Tangerang.

“Pekan depan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tangerang dan saat ini kejaksaan menyiapkan penuntutan di pengadilan,” ujar Dapot.

Menururutnya, kasus kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang yang menewaskan sebanyak 49 korban ini menjadi perhatian masyarakat pada tahun 2021.

“Nantinya, jalannya proses persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri Tangerang,” imbuhnya.

Diketahui, dalam kasus tersebut, Polda MetroJaya awalnya menetapkan tiga orang ditetapkan sebagai tersangka berinisial RU, S, dan Y yang merupakan petugas Lapas Tangerang.

Ketiganya dijerat Pasal 359 KUHP terkait kelalaian yang menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Hasil pengembangan, kemudian polisi menetapkan kembali tiga orang tersangka berinisial JMN, PBB dan RS.

Ketiganya yakni narapidana, pegawai lapas, dan bagian umum Lapas Kelas I Tangerang.

Tiga tersangka itu dijerat Pasal 188 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP tentang kealpaan baik yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *