by

Diharapkan Urai Kepadatan di Stasiun Manggarai

Jakarta : Stasiun Shelter Matraman kini menjadi salah satu stasiun alternatif yang dapat digunakan penumpang KRL untuk mengurai kepadatan di Stasiun Transit Manggarai.

“Ya benar, betul sekali (mengurai kepadatan di Manggarai),” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, saat ditemui wartawan di Stasiun Shelter Matraman, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Anne menyebut, hadirnya Stasiun Matraman ini bukan hanya bertujuan mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai, tetapi juga mempermudah akses penumpang agar lebih dekat dengan tujuan mereka.

“Ini adalah alternatif antara Stasiun Jatinegara dengan Manggarai, sehingga ini bagian dari alternatif untuk naik turun penumpang di mana Matraman itu juga menjangkau beberapa lokasi, yang menjadi area kerja,” ungkap Anne.

Dengan adanya Stasiun Shelter Matraman ini, diharapkan dapat melayani turun dan naik penumpang sampai 2.000 orang jika dioperasikan secara maksimal.

“Kita melayani hampir 140 ribu orang yang melakukan transit di Stasiun Manggarai, kalau tadi kita prediksi 2.000 (penumpang) ini bisa sebagai alternatif ketika yang biasanya turun di Jatinegara atau Manggarai, ini bisa jadi alternatif,” kata Anne.

Anne mengatakan, stasiun ini disebut Stasiun Shelter agar dapat memudahkan akses masyarakat yang hendak turun ke lokasi-lokasi dekat Matraman.

Sejauh ini, Anne melihat banyak antrian penumpang yang memadati Stasiun Manggarai. Sehingga hadirnya stasiun ini diharapkan dapat dimanfaatkan ketika para penumpang berada di sekitar Manggarai dan Jatinegara.

“Stasiun Matraman ini sudah dibuka sehingga kami berharap bisa dimaksimalkan oleh pengguna jasa Commuter Line bisa naik turun di sini tanpa harus transit di Jatinegara dan Manggarai yang sebelumnya mereka lakukan untuk gate out,” tutur Anne.