Digelar di Hari yang Sama, Bawaslu DKI Sayangkan Kampanye Akbar Dua Paslon

Jakarta – TIMNAS AMIN sayangkan ada 2 paslon berkampanye di DKI Jakarta di hari yang sama.

Sementara itu untuk pengamanan akan ada 5.111 personel gabungan Polri-TNI dan Pemprov DKI Jakarta untuk amankan kampanye 2 paslon tersebut.

Diberitakan sebelumnya, dua pasang calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran akan menggelar kampanye akbar pamungkas di DKI Jakarta, besok Sabtu (10/2/2024).

Sekretaris Deputi Teritorial Timnas Anies-Muhaimin atau AMIN, Herry Dharmawan, mengaku heran dengan sistem kampanye yang menempatkan dua pasangan calon (paslon), yakni nomor urut satu, AMIN, serta paslon nomor urut dua, Prabowo-Gibran, di Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta pada 10 Februari 2024 nantii.

Seperti diketahui, masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan berakhir pada 10 Februari 2024.

Dua paslon dijadwalkan berkampanye di DKI Jakarta, yakni AMIN di Jakarta International Stadium (JIS) dan Prabowo-Gibran di Gelora Bung Karno (GBK). Herry mengungkapkan, berdasarkan pengaturan awal zonasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), jatah kampanye 10 Februari di DKI Jakarta harusnya menjadi milik AMIN.

Zonasi awal KPU di kolom 10 Februari menuliskan bahwa paslon AMIN akan bertempat di zona B.

“AMIN di zona B yang ada Jakarta-nya, sedangkan pasangan dua itu bagiannya sebenarnya di Jabar dan Jatim zona C,” tutur Herry melalui keterangan persnya, Kamis (8/2/2024).

Menurut Herry, hal itu merujuk pada pengaturan jadwal kampanye dari KPU.

Namun, saat pembahasan di KPU justru tim dua meminta tiga hari kampanye tidak menggunakan aturan zonasi sebagaimana telah ditetapkan oleh KPU.

“Tapi saat rapat pembahasan bersama tim ketiga paslon dan partai pendukung pada 14 Januari 2024, tim dua minta pembagian di tiga hari terakhir masa kampanye tidak menggunakan aturan zonasi karena sudah terlanjur booking dan membayar venue di GBK,” jelas Herry.

Maka saat rapat tersebut, ungkap dia, disepakati bersama agar dua diberi ruang untuk tetap bisa berkampanye di Jakarta dengan menggunakan GBK, dan pasangan nomor urut satu atau AMIN menepati JIS.

5.111 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Kampanye Akbar Capres di GBK dan JIS Besok

Polda Metro Jaya siap melalukan pengamanan terkait adanya kegiatan Kampanye Akbar dua pasangan calon (paslon) pada Sabtu (10/2/2024) besok.

Diketahui, pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menggelar kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menyebut nantinya ada 5.111 personel akan dikerahkan untuk pengamanan di dua lokasi tersebut.

Baca juga: Lihat Banyak Warga yang Ikut Kampanye Nasional, Ingatkan Anies Waktu Datang ke Kaltim Tahun 1994

“Polda Metro Jaya Siap mengamankan kegiatan Kampanye Akbar yang akan dilaksanakan besok Sabtu 10 Februari di JIS dan GBK. Jumlah personel pengamanan di JIS sebanyak 2.356 orang, sedangkan jumlah personel pengamanan di GBK 2.755 orang,” kata Ade Ary kepada wartawan, Jumat (9/2/2024).

Adapun Ade Ary mengatakan ribuan personel tersebut merupakan tim gabungan bersama TNI hingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Seluruh Polres Jajaran di Polda Metro Jaya dilibatkan untuk melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ade Ary meminta bantuan kepada masyarakat khususnya pendukung kedua paslon untuk bisa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Mari bersama-sama menjaga kesatuan persatuan bangsa, agar kita tidak terpecah belah. Harapan kita semua agar pelaksaanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan bermartabat,” jelasnya.

Selain itu, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait kegiatan kampanye akbar tersebut.

Sementara pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Sabtu (10/2/2024) mendatang.

“Kami telah menyiapkan rekayasa lalu lintas, tapi sifatnya situasional,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Rabu (7/2/2024).

Latif menyebut personel lalu lintas juga akan ditempatkan di sekitar lokasi kampanye akbar untuk membantu mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Selain itu, kata Latif, pihak kepolisian juha menyiapkan kantong parkir untuk menampung kendaraan para pendukung di dua lokasi tersebut.

“Kami imbau kepada masyarakat yang tidak ada kepentingan agar menghindari kawasan JIS dan GBK pada Sabtu, 10 Februari,” ungkapnya.

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar JIS:

1. Kendaraan dari Jalan RE Martadinara khusus kendaraan penghuni pemukiman dan pengunjung JIS, kendaraan lurus ke Bintang Mas.

2. Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Jalan Enggano Raya.

3. Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Jalan Yos Sudarso ke Pluit diputar balikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso.

4. Kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS.

5. Kendaraan di perempatan Bisma khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS.

6. Kendaraan di perempatan Setivia khusus penghuni dan pengunjung JIS.

Kantong parkir VIP/VVIP/Undangan di JIS:

1. Parkir dalam stadion.

2. Parkir Timur 1 JIS.

3. Parkir Timur 2 JIS.

Kantong parkir kendaraan umum di sekitar JIS:

1. Ancol Karnaval.

2. Samping Wisma Atlet.

3. JIExpo Kemayoran.

Berikut rekayasa arus lalu lintas di sekitar GBK:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

Kantong parkir di sekitar GBK:

1. Parkir GBK.

2. Lapangan Aldiron.

3. Gedung Smesco.

Ikuti Saluran WhatsApp Tribun Kaltim dan Google News Tribun Kaltim untuk pembaharuan lebih lanjut tentang berita populer lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dan Tribunnews.com dengan judul 5.111 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Kampanye Akbar Capres di GBK dan JIS Besok

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *