by

Dievaluasi, Walikota Bandung Minta Kebijakan Buka Masker

Bandung: Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta pemerintah pusat mengevaluasi kebijakan pelonggaran membuka masker di area terbuka. Sebab penyebaran kasus Covid-19 saat ini khususnya di Kota Bandung mengalami peningkatan.

“Kita berharap pemerintah pusat, kebijakan boleh buka masker di luar dicabut lagi. Tetap pakai masker di mana pun sebagai ikhtiar kita,” ujar Yana kepada wartawan, Jumat (24/06/2022).

Ia pun menuturkan mereka yang pulang dari luar negeri banyak yang mengalami sakit tenggorokan dan menunjukkan gejala Covid-19. Namun setelah menjalani isolasi mandiri kembali sehat.

“Penularan itu kan melalui droplet, jadi harus pakai masker itu prokes utama,” kata Yana.

Yana mengaku sudah melakukan rapat dengan Gubernur Jawa Barat yang memprediksi kasus akan naik pada Juli.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Asep Gufron mengatakan terdapat empat kasus yang terpapar varian baru Covid-19 jenis BA.4 dan BA.5 di Bandung. Namun mereka yang terpapar saat ini sudah kembali sehat setelah selesai menjalani isolasi mandiri.

“Kalau di sini 4 orang kasus sudah selesai tidak ada gejala,” kata Asep.

Asep menambahkan mereka yang terkena varian baru Covid-19 sempat melakukan perjalanan luar negeri.

Berdasarkan data situs bandung.go.id, sejak awal Juni terjadi tren kenaikan kasus aktif. Pada tanggal 1 Juni 2022, kasus aktif 72 orang dan data terakhir tanggal 22 Juni naik menjadi 181 kasus aktif.