by

di Tugu Pancasila, Kader Papua Peringati Ultah Megawati

Merauke: Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menanam pohon di Titik Nol Indonesia Timur, Desa Sota, Merauke, Papua Selatan, Senin (23/1/2023). Penanaman pohon ini bertepatan dengan ulang tahun (ultah) ke-76 Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang jatuh pada hari ini.

Penanaman pohon bambu kuning ini dilakukan di halaman Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia-Papua Nuigini (PNG) di bawah Tugu Pancasila. Demikian disampaikan Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun.

“Ini wujud rasa syukur kepada Tuhan atas karunia usia, kesehatan, dan bimbingan Ibu Mega kepada kami. Para kader di seluruh Indonesia, khususnya di Papua Selatan,” kata Komar dalam keterangan tertulis, Senin (23/1/2023).

Komar bersama rombongan mendarat di Merauke pada pukul 07.15 WIT dan langsung ke lokasi penanaman. Ia menyebut, bambu adalah simbol senjata dalam masa perjuangan.

“Ini ditanam di depan Tugu Pancasila di Kilometer Nol batas Indonesia dan PNG. Yang berarti kita akan memepertahankan bangsa dan negara ini hingga titik darah penghabisan,” ucapnya.

Di samping simbol perjuangan, Bambu juga punya makna lain. Di mana, ucap dia, sebagian masyarakat punya keyakinan pohon bambu kuning mampu menahan bala dan bencana.

“Semoga negeri kita juga terbebas dari segala bala bencana. Kita harapkan semua hal-hal positif itu hadir untuk Indonesia,” ucapnya.

Komar menyebut, agenda menanam pohon bambun kuning diikuti oleh ratusan kader lain dengan 76 jenis pohon yang sangat variatif. Di antaranya pucuk merahini ditanam di sepanjang jalan masuk PLBN.

“Kami lakukan ini karena memang pesan ibu di sejumlah kesempatan dan juga pesan leluhur kami untuk menjaga alam. Kalau kita jaga alam, maka alam pun menjaga kita,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *