by

Di FP1 GP Prancis, Pembalap Keturunan Indonesia Gantikan Hamilton

Jakarta: Pembalap keturunan Indonesia, Nyck de Vries dilaporkan akan menggantikan Lewis Hamilton pada sesi latihan bebas pertama (FP1) GP Prancis 2022. Tim Mercedes AMG Petronas akan menurunkan Juara Dunia Formula E itu di Sirkuit Paul Ricard, akhir pekan nanti.

Sebelumnya, pihak Formula 1 mewajibkan setipa tim memberikan kesempatan bagi pembalap muda setidaknya pada latihan bebas. Oleh sebab itu, prinsipal tim Mercedes, Toto Wolff memastikan jika mereka bakal menarik Hamilton dan menggantikannya dengan De Vries.

“Nyck akan menggantikan Lewis pada FP1 akhir pekan ini. Hal itu adalah bagian dari alokasi pembalap muda tahun ini. Kami menantikan performanya,” kata Wolff dikutip dari laman resmi Mercedes, Jumat (22/7/2022).

Sejatinya, ini bukan pengalaman perdana de Vries mengaspal di Formula 1. Awal tahun ini, tepatnya dalam Grand Prix Spanyol, jasanya dimanfaatkan Williams.

Pembalap keturunan Indonesia itu menggantikan Alex Albon dalam FP1. Kala itu, ia mendarat di urutan ke-18 terpaut 3,092 detik dari pemimpin sesi Charles Leclerc.

Rapor tersebut boleh dibilang lumayan karena ia mampu mengungguli pilot Williams, Nicholas Latifi, dan rookie cabutan Red Bull Racing, Juri Vips. Ia cukup beruntung mencicipi FW44 yang tidak terlalu bermasalah dengan porpoising.

Sekadar informasi, pembalap Belanda tersebut sudah menjadi bagian dari Mercedes sejak 2019 lalu, dan menjadi pembalap di tim Formula E. Dia pun memegang peran sebagai pembalap cadangan Mercedes di Formula 1.

Dia pun akan bergabung dengan Mercedes pada akhir pekan ini di Sirkuit Paul Ricard usai menjalani New York E-prix 2022 pekan lalu. Ia akan menggantikan pembalap utama Mercedes, Lewis Hamilton pada sesi latihan bebas pertama.

Di sisi lain, Hamilton belum tampil cukup bagus musim ini. Saat ini dia duduk di posisi enam dalam klasemen sementara F1 2022 dengan raihan 109 poin. Dia baru naik podium empat kali musim ini, tiga di antaranya diraih berturut-turut dalam tiga balapan terakhir.