Dengan Bahan Dapur, Setrika Lengket Bisa Diatasi

Jakarta – Pernahkah Anda mendapati setrika lengket dan menempel saat dipakai? Jawabannya bisa jadi sering.

Lengketnya setrika saat dipakai biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Paling sering karena suhu yang terlalu panas saat dipakai.

Ini membuat bahan kain Anda meleleh dan menempel pada plat setrika Anda. Selain itu endapan mineral putih atau kerak bisa juga terdapat pada setrika sehingga membuatnya lengket saat dipakai.

Jika sudah seperti ini tentu ide membeli setrika baru bisa ada di benak Anda, Namun jangan buru-buru membeli baru ya.

Cara Mengatasi Setrika Lengket
Anda bisa mengatasinya dengan memakai garam dan cuka.

Melansir dari Love to Know, untuk menghilangkan sisa lengket dari tapak setrika menggunakan garam, cabut steker setrika dan biarkan dingin jika belum. Aduk garam meja dan cuka putih suling hingga terbentuk pasta.

Gosok tapak setrika dengan pasta ini, lalu gunakan kain bersih yang dibasahi air untuk menyeka tapak setrika dari tapak setrika.

Jika setrika Anda adalah setrika uap, untuk membersihkan saluran uap setrika Anda menggunakan cuka(campurkan air suling dan cuka putih suling dengan perbandingan yang sama)ke dalam mangkuk.

Tuang campuran ke dalam wadah air. Gunakan sikat gigi bekas (apa pun yang bukan logam agar tapak setrika tidak tergores) untuk membersihkan residu yang terlihat di saluran.

Setelah dibersihkan, colokkan setrika, uapkan, dan biarkan hangat. Kemudian tekan tombol steam dan biarkan bekerja selama beberapa menit. Biarkan setrika mendingin, lalu kosongkan campuran cuka dari wadah air.

Ulangi proses mengukus menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa cuka. Pastikan cuka aman digunakan pada setrika Anda karena beberapa produsen tidak menyarankan penggunaan cuka untuk membersihkannya.

Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi.

Ini adalah metode yang paling sederhana. Basahi kain bersih dengan air dan gunakan untuk menggosok permukaan tapak setrika (dingin!) dengan sedikit pasta gigi putih.

Bersihkan, dan selesai.

Mudah bukan?

Selamat mencoba di rumah Sase Lovers!

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *