Darurat COVID-19, DPR Tagih Aturan Terkait Peliputan Media

0
(0)

akarta : Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Dewan Pers untuk membuat aturan terkait peliputan selama masa darurat bencana non alam, COVID-19.

Politisi Partai Golkar ini mengaku menyesalkan masih adanya pihak-pihak yang menggelar konferensi pers, tanpa mempertimbangkan prosedur keamanan para wartawan yang akan meliput kegiatan mereka.

“Menyesalkan masih adanya pelaksaanan Konferensi Pers yang tidak mempertimbangkan prosedur keamanan terkait pencegahan penyebaran covid-19 sehingga menyebabkan jurnalis berkerumun tanpa adanya pembatasan jumlah dan jarak,” katanya, Jumat (27/8/2020) malam.

Maka dari itu, mantan wartawan televisi ini pun meminta semua pihak yang akan melaksanakan konferensi pers untuk dapat melakukan pembatasan secara mandiri. Baik dari sisi jumlah, maupun jarak antar jurnalis yang hadir di acara tersebut.

“(Tapi sebaiknya) mengedepankan penggunaan teknologi informasi untuk pemberitaan seperti konferensi pers daring (digital press conference), TV pooling, atau pernyataan tertulis untuk menghindari penumpukan jurnalis di satu tempat,” imbaunya.

Nah, bagi pihak berwenang, dalam hal ini BNPB dan Dewan Pers, dimintanya untuk membuat aturan yang wajib dipatuhi oleh pihak penyelenggara konferensi pers, perusahaan media, dan para awak media sendiri.

“Meminta BNPB dan Dewan Pers untuk membuat aturan bersama mengenai peliputan selama masa darurat bencana COVID-19 yang mengedepankan keselamatan dan kesehatan pekerja pers sesegera mungkin dan wajib untuk dipatuhi oleh penyelenggara konferensi pers maupun perusahaan media beserta jurnalis,” pintanya.

Khusus kepada para Jurnalis, yang menurut Meutya Hafid sebagai insan mengemban tugas penting bagi bangsa ini, dimintanya untuk tetap menerapkan anjuran jaga jarak.

“Pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang amat penting dimana dalam penugasannya perlu diterapkan standar keamanan. Jurnalis memiliki peran yang sangat vital sebagai garda terdepan informasi untuk masyarakat, khususnya dalam menghadapi pandemic COVID-19,” pungkasnya. (

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cegah COVID-19, Ayo..Minum Jus Jeruk dengan Kulitnya

Sat Mar 28 , 2020
0 (0) Hariannasional.com, Jakarta – Saat ini wabah COVID-19 sudah merebak dimana-mana. Lalu, bagaimana kita menyiapkan diri untuk menghadapinya? Banyak cara yang bisa kita lakukan termasuk sering-sering cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah dan lainnya. Menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang oleh virus ini tentu […]