by

Dari Pemerintah Turki, Ada Beasiswa Sekolah Gratis

Jakarta – Pemerintah Turki membuka kembali program beasiswa bagi mahasiswa internasional melalui Beasiswa Türkiye. Program beasiswa terbesar di negara itu untuk siswa internasional untuk tahun 2022.

Perwakilan kedutaan Turki dan the Presidency of Turks Abroad and Related Communities (YTB) menyediakan informasi tentang kejelasan program tersebut. Disebutkan pula, program yang didanai pemerintah ini mencakup mahasiswa dan peneliti pascasarjana.

Mereka yang lolos seleksi bakal mendapat bantuan uang tunai dan memberikan kesempatan penelitian, serta kesempatan untuk belajar tentang Turki.

Aplikasi untuk tahun 2022 dibuka dari 10 Januari hingga 20 Februari 2022, dan diajukan secara online melalui sistem aplikasi online program beasiswa, secara gratis lansir Daily Sabah.

Presiden YTB Abdullah Eren mengatakan bahwa minat siswa dalam beasiswa telah meningkat setiap tahun sejak dimulainya program, yang awalnya diluncurkan pada 1990-an dengan nama lain, kemudian direformasi dan ditransfer ke otoritas YTB pada tahun 2012.

Pada tahun 2012, program Beasiswa Türkiye menerima 42.000 aplikasi, sementara tahun lalu mencapai rekor jumlah 165.500 aplikasi dari 178 negara yang berbeda.

“Tahun ini, kami juga menargetkan untuk mencetak rekor baru,” kata Eren.

Lembaga ini menyediakan sekitar 5.000 beasiswa setiap tahun termasuk gelar penuh waktu (sarjana, master dan Ph.D.) serta program jangka pendek seperti beasiswa penelitian dan program bahasa dan budaya.

Setelah lulus, siswa diinisiasi ke dalam jaringan Alumni Turki, yang memiliki sekitar 150.000 lulusan dari lebih dari 156 negara.(Nto)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *