by

Danone Indonesia Kolaborasi Dukung Saung Interaktif UMKM Di Jakarta Timur

Hariannasional.com, Jakarta – Setelah dua tahun pandemi Covid-19 melanda, pemulihan sektor ekonomi masih menjadi prioritas bagi pemerintah, termasuk dalam hal dorongan akan pemulihan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia dimana jumlah UMKM di Indonesia yakni sebesar 64,19 juta dengan komposisi Usaha Mikro dan Kecil yangdominan yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha. Pengembangan sarana dan pra-sarana untuk mendukung kegiatan sosial-ekonomi, serta program pemberdayaan menjadi hal yang krusial bagi pengembangan para pelaku UMKM.

Untuk itu, Danone Indonesia bersama Pemerintah DKI Jakarta meluncurkan Saung Interaktif UMKM yang berlokasi di Kantor Walikota Jakarta Timur pada 29 Maret 2022.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang turut hadir meninjau program memberikan apresiasinya, “Saung interaktif merupakan salah satu karya kolaborasi di Jakarta Timur yang ditunjukkan kepada masyarakat.

Saya memberikan apresiasi kepada para kolaborator yakni Pemerintah Kota Jakarta Timur dan Danone Indonesia.

Jika kita kerja bersama, banyak hal yang bisa kita berikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat. Kolaborasi agar di tingkatkan, supaya kompetensi dapat meningkat dan menghasilkan kebaruan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Saya berharap program seperti ini dapat dilanjutkan dan ditiru oleh daerah lainnya.

Sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam memfasilitasi pengembangan UMKM di wilayah Jakarta Timur terutama pasca hantaman pandemi Covid-19, Danone Indonesia menjalankan program dukungan UMKM dengan pendirian fasilitas Saung Interaktif berukuran 8 x 4 m yang didirkan di lingkungan kantor Pemerintah Jakarta Timur.

Fasilitas ini diperuntukkan untuk pertemuan UMKM Jakarta Timur secara rutin yang akan di kelola oleh pemerintahan secara langsung.

M. Anwar, SSi, MAP , Wali Kota Jakarta Timur menjelaskan bahwa prioritas dukungan kepada para UMKM dalam penanganan pandemi dilakukan melalui kolaborasi multipihak dengan berbagai program yang diinisiasi, “Saung interaktif bersama Danone Indonesia merupakan program yang berfungsi sebagai sarana interaktif dan edukasi.

Saya mengucapkan kepada seluruh kolaborator yang terlibat khususnya dalam mendukung Jakarta Bangkit.

Selain pembangunan fasilitas, Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika juga melengkapi dukungan para UMKM melalui program pelatihan tematik bulanan serta pendampingan bisnis oleh coach secara intensif 6 bulan melalui program DAMPING yang diinisiasi oleh perusahaan bersama mitra Kampus Bisnis Umar Usman.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia menjelaskan “Program DAMPING UMKM merupakan program yang telah dijalankan sejak tahun 2020 dan telah menebar manfaat kepada lebih dari 3.800 UMKM di seluruh Indonesia, 1.300 diantaranya mendapakan program pendampingan secara eksklusif.

Hal ini merupakan bentuk nyata dari kami dalam memberikan dampak bagi kemajuan dari masyarakat yang sesuai dengan visi kami yakni ‘One Planet One Health.’ Lebih jauhnya dalam dukungan kepada UMKM, kami juga melibatkan sejumlah UMKM lokal di Indonesia melalui kegiatan dalam rantai bisnisnya, seperti melalui kerjasama dengan petani susu segar di Yogyakarta untuk supply bahan baku susu, melibatkan sektor informal untuk pengumpulan bahan baku plastik untuk di daur ulang serta pemberdayaan Ibu rumah tangga melalui AQUA Home Services untuk pendistribusian produk AQUA.

Selain acara peresmian dan kunjungan Fasilitas Saung Interaktif, para hadirin juga diajak untuk mengunjungi beberapa area dalam wilayah Kantor Walikota Jakarta seperti Gerai Deskranasda, Pameran golok dan lukisan dari limbah plastik, pojok baca digital serta greenhouse PKK.

Bagi Danone Indonesia, peresmian ini merupakan sebuah langkah awal dan menjadi semangat untuk kami membawa dampak terhadap kemajuan masyarakat termasuk dalam hal kesehatan maupun lingkungan di wilayah Jakarta Timur.

Kami berharap bahwa kami dapat melebarkan inisatif serupa ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia” Tutup Karyanto.(dan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.