by

Daftar Tunggu Keberangkatan Haji di Beltim 22-Tahun

Beltim: Keputusan pemerintah tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun ini, membuat antrean calon haji di Belitung Timur (Beltim) menjadi makin panjang. Saat ini untuk bisa berangkat haji dari Beltim harus menunggu 22 tahun.

Demikian disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Belitung Timur, Hasmaryati kepada RRI.co.id.

“Estimasinya jika kita mendaftar tahun 2021, berangkat sekitar tahun 2043, tapi karena tahun ini juga sudah mundur, berarti mundur lagi 2044 bisa berangkatnya,” jelas Hasmaryati, Sabtu (5/6/2021).

Hasmaryati mengakui, untuk kuota Calon Jemaah Haji (CJH) di Belitung Timur yang batal berangkat tahun 2021 ini hanya 17 orang, sedikit jomplang dengan kuota di Kabupaten lain di Babel yang mencapai ratusan.

“Kuota ini memang sudah ditentukan oleh Provinsi, namun semua tergantung pendaftarnya, di Beltim ini memang agak kurang, untuk tahun 2021 ini saja baru 6 orang yang daftar haji,” kata Hasmaryati.

Ia meyakini bahwa keputusan yang diambil pemerintah bertujuan baik meski berat.

“Bahwa pembatalan ini atau tidak jadinya keberangkatan selama dua tahun berturut, semata-mata untuk keselamatan jemaah juga, sekaligus kita memahami bahwa otoritas Arab Saudi menjadi hal yang harus dihormati,” ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *