Wednesday, June 23

Daerah Banjir Terparah di Tangerang

Jakarta: Sebanyak 12 RW di 4 kecamatan wilayah Kota Tangerang terendam kebanjiran. Titik banjir terparah, yakni di Perumahan Total Persada dan Perumahan Garden City, ketinggian air mencapai dua meter.

Kasubag TU UPT Periuk BPBD Kota Tangerang Kamaludin Azizi mengatakan, belum bisa memastikan lokasi mana lagi yang kebanjiran selain dua titik tersebut.

“Kami fokus evakuasi dulu, titik banjir sementara yang tinggi ada di Perumahan Total Persada RW 7 dan 8 lalu di Perumahan Garden City RW 21, 22 dan 25,” ujar Kamaludin di Tangerang, Sabtu (20/2/2021).

Kamaludin menuturkan, ketinggian air di dua perumahan tersebut mencapai dua meter. Bahkan, siang hingga sore ini terpantau air belum surut.

Sementara warga terdampak banjir telah dievakuasi dan menempati pos pengungsian. Hanya, kata Kamaludin, warga yang memiliki dua lantai tetap memilih bertahan di rumah.

“Penanganan awal, evakuasi dari pukul dua sampai pukul tiga pagi. Tinggal sisa-sisa evakuasi warga yang di lantai dua,” ucapnya.

Menurutnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah mendirikan posko banjir dan dapur umum untuk para korban terdampak banjir.

Masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan bisa langsung mengirimkannya ke Posko Banjir di Gedung MUI Kota Tangerang yang berada di depan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang.

Sementara, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) turun langsung meninjau lokasi banjir di beberapa wilayah, Sabtu (20/2/2021).

Wahidin mengatakan, kondisi banjir disebabkan intensitas hujan di hulu tinggi. Akibatnya, kata dirinya, Kali Leduk tidak mampu menampung air dan meluap ke permukiman-permukiman warga.

“Baik Pemprov Banten, Pemkot Tangerang, dan pemerintah pusat sudah melakukan upaya membuat tanggul-tanggul. Untuk penanganan banjir ini, kita sedang kordinasi dengan Pemkot Tangerang,” katanya.

Gubernur Banten juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Pemprov Banten juga tidak akan tinggal diam melihat kondisi ini dan segera menanganinya.

“Tetap waspada, semoga kita semua diberikan keselamatan dan kesehatan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *