by

Cuaca Indonesia, Berpotensi Hujan Akhir Pekan

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia akan mengalami gangguan cuaca yang berpotensi memicu awan hujan disertai angin kencang pada hari ini Sabtu (30/10/2021).

Gangguan perputaran angin atau daerah konvergensi akan terdapat pada wilayah di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, dan di wilayah Papua juga Nusa Tenggara.

Dilansir dari Antaranews, daerah-daerah tersebut berpotensi terjadi peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan yang perlu diwaspadai masyarakat pada akhir pekan ini.

Sementara itu, sejumlah daerah juga akan mengalami potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang. Yakni wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Tidak hanya itu, hujan disertai petir atau kilat dan angin kencang akan meliputi wilayah Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat. Hujan ringan hingga sedang juga dilaporkan akan mengguyur wilayah Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Pekan Baru, Mamuju, Makasar, Kendari, Manado, Padang, dan Palembang.

Sedangkan kondisi cuaca berawan dan cerah ada di Surabaya, Tarakan, Badar Lampung, Jayapura, dan Manokwari.

Diketahui, stuasi suhu di kota besar rata-rata 20 hingga 35 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan berkisar 55 hingga 100 persen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *