by

Covid-19 Singapura Melonjak, 1.000 Lebih Kasus Sehari

Jakarta: Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, mengungkapkan, situasi penularan Covid-19 di Singapura kini tengah melonjak di atas 1.000 kasus per hari.

“Bahkan dua hari lalu sempat mencapai 1.939. Ini cukup mengagetkan bagi pemerintah Singapura, karena mereka memperkirakan maksimum hanya sampai 200, tapi tiba-tiba sampai 1.900,” ungkapnya dalam Dialog KPCPEN secara daring, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (28/9/2021).

Suryo menuturkan, lonjakan kasus Covid-19 di Singapura menimbulkan fenomena tersendiri di masyarakat.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo (SS/Saviera Amalia/RRI)
Warga di negara tersebut dikabarkan langsung pergi ke rumah sakit jika mengalami gejala Covid-19 seperti demam atau flu.

Terlebih, kasus kematian Covid-19 di Singapura sudah menyamai tingkat kematian pada Agustus 2021, sehingga menimbulkan kekhawatiran.

“Kasus kematian di bulan September ini sudah menyamai kematian di bulan Agustus sekitar 19 orang. Ini yang membuat kemudian ada semacam ketakutan. Kemudian orang berlomba-lomba untuk memeriksakan diri. Sekarang, yang dilakukan pemerintah Singapura, semua tidak harus pergi ke rumah sakit, tapi bisa melakukan pemeriksaan di klinik,” tuturnya.

“Ini yang kemudian dilakukan oleh pemerintah Singapura. Tetapi memang ada peningkatan kasus walaupun secara keseluruhan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit itu tidak lebih dari 1.000 orang dari kapasitas 15.000 tempat tidur,” tambahnya.

Suryo mengatakan, saat ini pasien yang tengah mendapatkan perawatan di ICU sekitar 30 orang.

Namun, menurutnya, jumlah ini termasuk cukup besar bagi pemerintah Singapura./rri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *