Friday, May 7

Coba Ini, Menu Buka Puasa Bebas Kolestrol

Jakarta: Usai berpuasa seharian maka Anda wajib mengonsumsi makanan berbuka puasa yang berprotein dan dapat menurunkan kolestrol.

Berikut menu buka puasa yang bebas kolestrol dan asam lambung:

1. Susu kedelai

Susu kedelai atau produk olahan lain yang dibuat dari kacang kedelai seperti tahu juga disebut-sebut ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Bahan makanan ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL hingga 5-6 persen.

2. Oat

Selain sebagai menu sarapan, oat juga bisa menjadi pilihan menu buka puasa. Dikutip dari Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta glucan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme dan menurunkan kolesterol.

3. Kurma

Menu buka puasa sehat yang pertama adalah kurma. Kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, elektrolit, serta mineral. Selain itu, kandungan kalorinya juga cukup untuk memulihkan tenaga.

Kurma juga bisa meminimalkan kolesterol jahat dan menjaga pembuluh darah arteri agar tetap sehat.

4. Alpukat

Alpukat adalah sumber nutrisi yang kuat serta asam lemak tak jenuh. Dengan menambah alpukat pada menu buka puasa bisa membantu menekan kadar kolesterol jahat.

5. Kacang-kacangan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti, almond, kenari, kacang tanah, dan lainnya sangat baik untuk jantung. Jika dikonsumsi secukupnya, ini bisa mencegah kolesterol dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. (MDS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *